Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada kalau Ketemu Bocah Naik Sepeda Listrik di Jalan Raya

Kompas.com - 12/01/2024, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan yang melibatkan anak kecil naik sepeda listrik di jalan raya kembali terjadi.

Video tersebut viral di media sosial, salah satunya diunggah oleh akun Instagram @dashcamindonesia, Kamis (12/1/2024). Dalam rekaman itu terlihat tiga anak kecil yang sedang berboncengan menaiki sepeda listrik di jalan raya.

Ketiga bocah yang menaiki sepeda listrik tersebut hendak berbelok ke kanan jalan tanpa memperhitungkan kondisi lalu lintas. Pada saat yang bersamaan terdapat pengendara wanita yang melaju dari arah belakang. Alhasil kecelakaan pun tak dapat dihindari.

Baca juga: Rekomendasi 5 Motor Sport Bekas Harga Rp 15 Jutaan, Ada GSX dan CBR

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Kejadian anak kecil yang mengalami kecelakaan saat mengendarai sepeda listrik di jalan raya memang bukan pertama kalinya terjadi. Namun, mirisnya masih sering ditemui pengendara sepeda listrik di bawah umur.

Untuk itu pengguna jalan lain sebaiknya berhati-hati jika melihat anak kecil mengendari sepeda listrik di jalan raya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, guna mengantisipasi kejadian tersebut, pengguna jalan diharuskan penuh konsentrasi saat berkendara.

“Pandangan mata harus melihat jauh ke depan agar dapat mengantisipasi setiap potensi bahaya yang bisa saja terjadi di depan kita, sehingga bisa lebih cepat dapat mengambil keputusan apabila di depan ada situasi bahaya,” ucap Agus, kepada Kompas.com, Jumat (12/1/2024).

Sepeda listrik di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (3/9/2023).kompas.com / Nabilla Ramadhian Sepeda listrik di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (3/9/2023).

Selain itu, pengemudi juga harus menyesuaikan kecepatan pada rute-rute tertentu. Misalnya ketika jalan padat dan ramai diharuskan untuk menurangi kecepatan.

“Karena biasanya akan banyak rintangan yang tiba-tiba saja muncul di depan, jadi lebih baik cari aman daripada kita mengalami kecelakaan,” kata Agus.

Baca juga: Alasan Pemilihan Lokasi Baru Diler Mitsubishi Fuso Bukittinggi

Agus juga, menyarankan pengguna jalan untuk membunyikan klakson saat bertemu pengguna sepeda listrik agar mereka mengetahui keberadaan pengguna jalan lain.

“Jadi ketika kita melihat ada pengendara sepeda listrik, maka pertama kita kurangi kecepatan, kemudian bunyikan klakson untuk menginformasikan keberadaan kita. Lalu segera perlebar jarak kendaraan kita dengan pengendara tersebut,” ucap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com