Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mitsubishi XForce Tidak Pakai Panoramic Sunroof

Kompas.com - 12/01/2024, 10:33 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Panoramic sunroof merupakan fitur yang banyak diminati masyarakat pada sebuah mobil pasalnya dapat menyajikan pemandangan ketika berkendara. Dengan demikian penumpang bisa lebih luas dalam menikmati lingkungan sekitar.

Mitsubishi XForce mendapatkan respons positif dari masyarakat sejak pertama kali diluncurkan pada Agustus 2023 lalu karena berbagai fitur unggulan, sayangnya mobil ini tidak dilengkapi Panoramic Sunroof.

Tidak sedikit konsumen menanyakan kenapa Xforce tidak dilengkapi panoramic sunroof. Mereka menganggap fitur tersebut akan melengkapi kenyamanan penumpang saat berkendara.

Baca juga: Awal 2024 Diskon XForce Tembus Rp 24 Juta, Pajero Sport Rp 35 Juta

Tampilan modern Smartphone-Link Display Audio berukuran 12.3 inci dan Digital Driver Display berukuran 8 inci pada bagian dasbor Mitsubishi XFORCE.Dok. MMKSI Tampilan modern Smartphone-Link Display Audio berukuran 12.3 inci dan Digital Driver Display berukuran 8 inci pada bagian dasbor Mitsubishi XFORCE.

Atsushi Kurita, President Director PT MMKSI mengatakan sebenarnya bisa saja Xforce dipasang panoramic sunroof karena itu bukan hal yang sulit.

“Di Jepang kami punya Outlander Sport yang punya panoramic roof, jadi secara teknikal kami tidak punya kesulitan untuk memasang panoramic roof. Alasan mengapa kami tidak pakai, karena kami memiliki sistem audio premium dari Yamaha,” ucap Atsushi dalam acara Test Drive Mitsubishi XForce Yogyakarta (4/12/2023).

Menurut Atsushi agar mendapatkan performa baik dan ruangan nyaman akan sangat mungkin dicapai tanpa panoramic sunroof, begitu juga dengan ruangan yang lebih lega.

Baca juga: Jajal Mitsubishi XForce dari Semarang sampai Yogyakarta

Penampilan dasbor dari Mitsubishi XFORCE. Dok. Kompas.com/Erlngga Satya Penampilan dasbor dari Mitsubishi XFORCE.

“Kami memilih untuk tidak memasang panoramic sunroof, kami ingin mobil ini (Xforce) punya efisiensi bahan bakar yang baik,” ucap Atsushi.

Atsushi mengatakan ada mobil yang sudah dilengkapi dengan panoramic sunroof tapi konsekuensinya konsumsi bahan bakar sedikit terpengaruh. Hal ini terjadi pada mobil yang dimiliki Mitsubishi.

Begitu juga dengan head clearance yang ada di dalam mobil, menurutnya jika ada panoramic sunroof maka ruangan kepala di mobil akan jadi berkurang.

“Jadi lebih pendek. Ini alasan lagi kenapa kami tidak memasang panoramic roof. Kami juga mendapatkan pengakuan dari customer soal ini,” ucap Atsushi.

Baca juga: Tahun Depan Mitsubishi Targetkan Produksi XForce Tembus 20.000 Unit

Test Drive Mitsubishi XForce di Solodok.MMKSI Test Drive Mitsubishi XForce di Solo

Saat ini Mitsubishi sedang mengkaji, jika memang diperlukan, menurut Atsushi, ke depannya bisa saja Xforce dipasang panoramic sunroof. Hanya saja itu akan sangat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar.

“Selain itu kami juga perlu mempelajari apakah Yamaha audio akan terpengaruh oleh kondisi pemasangan panoramic sunroof ini,” ucap Atsushi.

Intan Vidiasari, General Manager Marketing and PR Communication MMKSI mengatakan sebenarnya dynamic sound tidak bisa disamakan dengan audio biasa yang bisa asal pasang.

Baca juga: Pembeli Mitsubishi XForce 40 Persennya Wanita

Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce meluncur di GIIAS 2023

“Audio ini didesain bersama mobilnya, saat mobilnya berakselerasi dan kena hujan, dia punya teknologi sensor yang bisa menyesuaikan kualitas suaranya, sehingga bila musiknya terasa lebih kencang itu karena mobil melewati kondisi jalan yang kurang ideal,” ucap Intan.

Intan mengatakan tidak semua sound system pada mobil seperti yang ada pada Xforce karena memang termasuk sound system berkualitas tinggi.

“Yang lain tidak peduli, tidak ada penyesuaian, tapi Yamaha ini seiring kendaraan melaju maka akan melakukan penyesuaian,” ucap Intan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com