Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyetir Mobil Saat Kondisi Hujan, Jangan Nyalakan Cruise Control

Kompas.com - 12/01/2024, 12:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mengemudikan mobil di tengah hujan, ada beberapa poin keselamatan yang wajib dipahami. Salah satunya menyangkut fitur cruise control, sebaiknya dimatikan dan tidak digunakan.

Pasalnya, ada risiko terjadinya aquaplaning atau hydroplaning saat hujan, yakni kondisi di mana ban mobil gagal menapak sempurna akibat melibas genangan air di jalan basah.

Bahaya aquaplaning bisa dihindari jika mobil dikemudikan dalam kecepatan rendah. Sebaliknya, fitur cruise control yang membuat mobil melaju dengan kecepatan konstan justru bisa memicu risiko.

Baca juga: Terulang Lagi, Anak Kecil Bawa Sepeda Listrik Bonceng 3 Ditabrak Motor

Hujan deras selama arus balik lebaran 2023, wasbadai bahaya aquaplaning di jalan tolFlickr/MichaelC Hujan deras selama arus balik lebaran 2023, wasbadai bahaya aquaplaning di jalan tol

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani menjelaskan, sebagian besar fitur cruise control tidak bisa mendeteksi kondisi jalan dan mengatur laju akselerasi serta deselerasi mobil.

“Bahkan fitur DRCC (Dynamic Radar Cruise Control) cuma berfokus pada kondisi (mobil lain) di sekitar, bukan kondisi jalannya, apakah basah atau kering,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/1/2024).

Dia menambahkan, fitur cruise control umumnya baru bisa diaktifkan jika mobil memiliki laju di atas 60 kpj. Kecepatan tersebut dinilai cukup tinggi, khususnya saat kondisi jalan basah.

Baca juga: Dapat Insentif, MG Motor Indonesia Lirik Peluang Impor Model Lain

Ilustrasi aquaplaningwww.reifen.de Ilustrasi aquaplaning

“Fungsi utama cruise control itu untuk mempertahankan kecepatan konstan mobil, supaya pengendara tidak capek. Tapi memang tidak optimal dipakai saat kondisi jalan basah,” ucapnya.

Juni menganjurkan pengendara agar menonaktifkan fitur cruise control saat kondisi hujan dan jalan basah. Langkah terbaik adalah mengemudi secara manual dan menurunkan kecepatan mobil, supaya terhindar dari aquaplaning.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com