Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Awal Mengapa Valentino Rossi Identik dengan Warna Kuning

Kompas.com - 10/01/2024, 08:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu hal menarik dari perjalanan karir Valentino Rossi adalah warna kuning yang menjadi ciri khas pribadinya. Bisa dibilang warna kuning sangat identik dengan legenda MotoGP tersebut.

Ketika masih aktif balap, Rossi diketahui memang kerap menggunakan kombinasi warna kuning, dari baju balap, helm, sepatu, hingga sarung tangan.

Bahkan sampai sekarang, para penggemar masih membawa atribut berwarna kuning saat menonton di sirkuit.

Baca juga: Kei Car Suzuki Dipajang di Diler, Siap Dijual di Indonesia?

Valentino Rossi di atas motor balap 500 cc 2-takAFP/YOAV LEMMER Valentino Rossi di atas motor balap 500 cc 2-tak

Aldo Drudi, desainer dari Drudi Performance, mengatakan, inspirasi Rossi menyukai warna kuning adalah legenda balap asal Amerika Serikat, Kevin Schwantz, yang menjadi idola Rossi sejak kecil.

Sejak kecil Rossi sering memakai replika atribut balap sang idola, termasuk helm yang memiliki motif ledakan berwarna kuning.

Selain itu, kebetulan juga desain-desain yang dipakai Schwantz juga dibuat langsung oleh Drudi Performance.

Baca juga: Masih Banyak Pengamen yang Memaksa Masuk ke Bus Pariwisata

Valentino Rossi kembali menggeber Yamaha R1 di trek Misanoinstagram.com/valeyellow46 Valentino Rossi kembali menggeber Yamaha R1 di trek Misano

"Valentino membalap dengan minibike memakai helm Kevin Schwantz yang juga merupakan pebalapku, aku juga yang mendesain helm sang juara dunia," ujar Drudi, dilansir dari Rideapart (9/1/2024).

"Jika Anda ingat, di belakang helm ada warna kuning mengkilat, warna berpijar yang sedang tren pada masa-masa itu," kata dia.

Lantaran suka sosok Schwantz, Rossi pun memutuskan memakai warna kuning stabilo sebagai ciri khasnya.

Baca juga: Polytron Pede Jual Motor Listrik Tanpa Baterai, Pakai Sistem Sewa

Sejak membalap di kelas 125 cc sampai naik ke MotoGP, Rossi tetap menggunakan warna kuning cerah terlepas dari tim dan pabrikannya.

Setelah pensiun dari MotoGP pun, Rossi masih lekat dengan warna kuning kebanggaannya, di manapun ajang balap yang ia ikuti.

"Selalu dengan pijaran itu. Bahkan jika kau ingat saat balapan pertama di GP500, ia punya Honda dengan livery kuning biasa," kata Drudi.

"Tapi Valentino meminta kuning fluorescent di baju balap dan helmnya, jadi di foto bisa kau lihat perbedaannya mirip dengan livery motor tim VR46 kemarin, ada dua kuning berbeda," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com