Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons Valentino Rossi soal Adik Tirinya Gantikan Marquez di Repsol Honda

Kompas.com - 09/12/2023, 13:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap MotoGP Luca Marini akan balapan untuk Repsol Honda pada musim 2024.

Marini akan menggantikan Marc Marquez, musuh besar sang kakak, Valentino Rossi, yang lebih dulu pindah ke tim satelit Ducati, Gresini Racing.

Rossi pun memberi pendapat terkait kepindahan Marini ke Honda. Legenda hidup MotoGP itu awalnya terkejut dengan keputusan Marini membela tim balap asal Jepang. Namun, di sisi lain, Rossi mengaku senang sang adik mendapatkan kursi di tim pabrikan.

Baca juga: Mengapa Cairan Radiator Mobil Warna-warni?

“Luca mengejutkan kami. Kami tidak menduganya. Saya sangat menyesal, senang melihatnya maju ke depan dan menjadi protagonis bersama tim saya dan motor kami,” ucap Rossi, dikutip dari Crash, Sabtu (9/12/2023).

“Tapi dia mendapat kesempatan mendapatkan kursi kosong di Honda, di kursi pabrikan Honda, dengan kontrak dua tahun. Saya penggemar beratnya dan saya akan membantunya sebisa mungkin. Ini adalah pilihan yang sulit dan Honda tetaplah Honda, bagi kami yang berada pada usia tertentu,” lanjutnya.

Luca Marini saat berlaga pada sesi tes Valencia untuk Repsol HondaDok. HRC Luca Marini saat berlaga pada sesi tes Valencia untuk Repsol Honda

Honda awalnya menawarkan kontrak satu tahun untuk sejumlah pebalap, tetapi karena satu dan lain hal, pilihan terakhir pun jatuh kepada Luca Marini.

Pada musim mendatang, Honda juga akan mendapatkan konsesi baru agar bisa tampil lebih kompetitif di lintasan. Hal ini pun tak terlepas dari perhatian Rossi.

Baca juga: Cari Mobil Baru di Bawah Rp 200 Juta, Cek Pilihannya di Akhir Tahun

“Mereka dan Yamaha paham bahwa mereka tidak boleh terlalu menderita, terutama dari Ducati. Mereka memahami bahwa mereka harus meningkatkan kecepatan. Kemudian tahun depan pabrikan Jepang akan mendapat bantuan, dan Marini adalah pembalap penguji yang sangat baik, kita lihat saja nanti,” kata Rossi.

Sebagai informasi, Rossi sempat memenangi tiga kejuaraan dunia bersama Honda sebelum akhirnya beralih ke Yamaha. Di MotoGP 2024, pemilik tim VR46 itu juga telah menunjuk Fabio di Giannantonio, yang tampil gemilang pada akhir musim ini, untuk menggantikan Marini dan bertandem dengan Bezzecchi pada tahun 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com