Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Merek GWM Mulai Dijual Kuartal Pertama 2024

Kompas.com - 09/01/2024, 19:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Great Wall Motor (GWM) sudah resmi mengumumkan komitmennya untuk bersaing di pasar otomotif nasional melalui Indomobil sebagai distributor. Pabrikan asal China ini akan siap memasarkan beragam modelnya pada kuartal pertama 2024.

GWM sudah memperkenalkan merek-merek yang dibawanya beserta dengan model-modelnya. Tiga merek langsung dihadirkan, yaitu Haval, Tank, dan Ora.

Baca juga: Suzuki, Toyota, dan GWM, Pabrikan Penghasil Emisi Tertinggi

Ketiga merek tersebut juga sudah muncul ke publik pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang digelar Oktober 2023.

Pada perkenalannya, GWM juga sudah menyebutkan akan meluncurkan jajaran mobilnya pada 2024.

ORA 03 di pameran GIIAS 2023KOMPAS.com / DIO ORA 03 di pameran GIIAS 2023

"Insya Allah kuartal pertama (Q1) 2024. Penjualan juga Q1 2024, tidak jauh dari rencana peluncuran," ujar Hari Arifianto, Direktur Pemasaran PT Inchcape Indomobil Energi Baru, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Hari menambahkan, rencananya GWM akan langsung memasarkan ketiga mereknya. Termasuk Ora, yang fokus dengan mobil listrik.

"Inginnya begitu, tapi menunggu kebijakan EV juga nih. Berubah lagi atau tidak regulasinya," kata Hari.

Baca juga: Insentif Bebas Impor Mobil Listrik Hanya Berlaku sampai 2025

Regulasi EV yang dimaksud adalah soal insentif CBU mobil listrik, yang diterbitkan dalam Peraturan Presiden atau Perpres Nomor 79 Tahun 2023 yang merevisi aturan sebelumnya, Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

GWM Tank 500 HEV, SUV Hybrid asal China dengan torsi 500 nmKompas.com/Daafa GWM Tank 500 HEV, SUV Hybrid asal China dengan torsi 500 nm

Dalam aturan tersebut, disebutkan bahwa perusahaan otomotif yang sudah memenuhi syarat dapat mengimpor mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) secara utuh atau completely built-up (CBU) tanpa biaya bea masuk dan dibebaskan PPnBM serta pajak daerah.

Untuk peluncurannya sendiri, Hari menambahkan, GWM tidak akan hadir pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Menurutnya, jadwal pameran yang digelar pada 15-25 Februari 2024 tersebut terlalu dekat dengan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com