Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Buka Pabrik di Indonesia, GWM Fokus di Kendaraan Elektrifikasi

Kompas.com - 11/08/2023, 19:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Great Wall Motor (GWM), produsen otomotif asal China hadir ke Indonesia, di bawah panji Indomobil Group.

Membawa merek Haval, Tank, dan Ora, GWM mencoba menggaet minat konsumen Indonesia dengan terlebih dahulu mengikuti pameran GIIAS 2023 di ICE BSD.

GWM berencana memulai produksi secara lokal dalam waktu dekat, namun untuk saat ini, mobil-mobil miliknya hanya untuk keperluan pameran saja, alias tidak untuk dijual.

Constatinus Herlijoso, General Manager Great Wall Motors Indonesia menjelaskan. Target utama yang ingin diraih GWM di tahap awal ini, adalah memperluas tingkat kesadaran brand kepada konsumen.

Baca juga: Dibuat Beda, Diler Motor Listrik Honda Punya Logo Khusus

GWM Haval Jolion HEV, LSUV hybrid asal China. Penantang HR-V dan XforceKompas.com/daafa GWM Haval Jolion HEV, LSUV hybrid asal China. Penantang HR-V dan Xforce

“Jadi untuk sekarang ini, kami tidak menjual (mobil) dulu. Bahkan membuka pre-order pun tidak,” ujar pria dengan sapaan akrab Yoso itu kepada Kompas.com, Kamis (10/8/2023).

Dia mengatakan, proses produksi GWM dicanangkan mulai pada kuartal pertama tahun 2024. Pastinya, hal itu dilakukan setelah mendirikan pabrik.

Yoso menambahkan, sudah ada beberapa target wilayah potensial yang akan digunakan sebagai lokasi pabrik, namun dirinya belumj membagikan informasi detail terkait hal itu.

“Kami selalu berdiskusi dengan teman-teman Inchcape dan Indomobil, tentunya pemilihan pabrik ini topik serius, karena menyangkut jangka panjang,” kata dia.

Baca juga: Hyundai Ioniq 6 buat KTT ASEAN 2023 Belum Anti Peluru

GWM Tank 500 HEV, SUV Hybrid asal China dengan torsi 500 nmKompas.com/Daafa GWM Tank 500 HEV, SUV Hybrid asal China dengan torsi 500 nm

Setelah pendirian pabrik selesai, GWM akan mulai memproduksi mobil-mobil untuk pasar Indonesia, yang dalam hal ini, hampir seluruhnya berjenis kendaraan elektrifikasi.

“Kami nanti hanya fokus di mobil jenis hybrid (HEV) dan listrik (BEV) saja. Menimbang teknologi kami sudah mumpuni,” tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com