Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Lexi Model Baru Bakal Meluncur Bulan Ini

Kompas.com - 09/01/2024, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) disinyalir tengah menyiapkan motor baru yang akan meluncur pada pertengahan Januari 2024.

Kepastian ini memang belum diungkap secara gamblang. Namun, undangan yang masuk ke redaksi Kompas.com, menjadi sinyal kuat peluncuran produk.

Rumors menyebutkan bahwa Yamaha Lexi terbaru bakal hadir dalam acara “Yamaha Press Conference” yang berlangsung di Jakarta pada Jumat, 12 Januari mendatang.

Baca juga: Ini Tilang yang Paling Manjur Beri Efek Jera Pelanggar Lalu Lintas

Rumor peluncuran Yamaha Lexi baru dari kode NJKB website Samsat DKI JakartaScreenshot website Samsat DKI Jakarta Rumor peluncuran Yamaha Lexi baru dari kode NJKB website Samsat DKI Jakarta

Seperti diketahui, info peluncuran produk baru salah satunya bisa dikulik dari website resmi Samsat DKI Jakarta yang menampilkan nilai jual kendaraan bermotor sebelum kena pajak.

Laman tersebut memang tidak menuliskan nama motor secara jelas, tapi terdapat kode produksi yang bisa dikaitkan dengan kehadiran motor baru.

Misalnya NMAX generasi awal diketahui memiliki kode 2DP, di mana kode spare part skutik gambot ini pasti didahului dengan kode Yamaha 2DP.

Baca juga: Ganti Jok Kulit Toyota Avanza, Harga mulai Rp 3,3 Juta

Kemudian, Vixion Old alias Vixion generasi pertama yang diproduksi pada 2007-2012 memiliki kode Yamaha 3C1.

Adapun Lexi yang meluncur pertama kali pada 2018, memiliki kode Yamaha B3F. Di mana dalam website Samsat DKI, secara lebih rinci terdapat tiga kode.

Pertama, kode B3F-I AT merujuk pada varian Lexi Standard, dengan nilai jual Rp 16,4 juta. Kemudian B3F-F AT atau Lexi S dengan nilai jual Rp 18,7 juta, dan kode B3F FA AT atau Lexi S/ABS) dengan nilai jual Rp 19,6 juta.

Baca juga: Spesifikasi Polytron Fox S, Motor Listrik dengan Harga Rp 9 Juta

Yamaha Lexi 2022Dok. YIMM Yamaha Lexi 2022

Sementara itu, sumber Kompas.com mengatakan bahwa Lexi terbaru memiliki kode Yamaha BPN. Di mana secara lebih rinci juga terdapat tiga kode di website Samsat DKI, seperti halnya Lexi generasi awal.

Pertama, BPN-L AT dengan nilai jual Rp 12,6 juta. Kemudian, BPN-S AT atau BPN-SL AT dengan nilai jual Rp 14,5 juta. Serta BPN-A AT atau BPN AL AT dengan nilai jual Rp 16,2 juta.

Yamaha sejauh ini belum mengonfirmasi kehadiran Lexi terbaru. Selama lima tahun beredar, skutik 125 cc tersebut hanya mengalami pembaruan warna.

Baca juga: Tarif Resmi Perpanjang SIM B1 per Januari 2024

Yamaha Lexi 125 meluncur di Jakarta, Jumat (26/1/2018).Febri Ardani/KompasOtomotif Yamaha Lexi 125 meluncur di Jakarta, Jumat (26/1/2018).

Tercatat, terakhir kali Yamaha menyegarkan Lexi pada April 2022, dengan meluncurkan warna baru Matte Green dan Prestige Silver.

Soal harga, per 9 Januari 2024, Yamaha Lexi dibanderol mulai Rp 23 juta (tipe Standard) sampai Rp 28,650 juta (tipe S ABS).

Saat ditemui di kawasan Sentul, Bogor, beberapa waktu lalu, Asst. General Manager Marketing & Public Relation PT YIMM Antonius Widiantoro, mengatakan, pihaknya lebih fokus untuk memberikan inovasi pada XMAX 250.

Baca juga: Mana yang Benar, Injak Kopling atau Rem Dulu Saat Pakai Mobil Manual?

Yamaha luncurkan Lexi 125Donny Apriliananda/Kompas.com Yamaha luncurkan Lexi 125

“Kalau bicara produk lain enggak habis inovasi. Yamaha setiap tahun mengeluarkan produk baru jadi tunggu saja,” ujar Antonius di Sentul (9/12/2023).

Menurutnya, permintaan Lexi saat ini masih positif. Apalagi sebagai produk di kelas 125 cc, skutik ini memiliki perbedaan dibandingkan model lainnya.

“Saat ini belum ada, kita melihat permintaan konsumen, kalau menginginkan akan mempertimbangkan itu,” ucap Antonius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com