Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi Praktis untuk Lampu Mobil Bawaan Pabrik yang Kurang Terang

Kompas.com - 06/01/2024, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini tak jarang pemilik mobil yang merasa kapasitas cahaya yang dihasilkan dari lampu bawaan pabrik kurang terang, terutama ketika berkendara di malam hari. Maka dari itu, banyak dari mereka yang mengganti headlamp dengan produk aftermarket.

Namun, upaya tersebut kadang menjadi masalah baru lantaran modifikasi headlamp dengan proyektor termasuk rumit dan tergolong tidak murah.

Bagi Anda yang ingin meng-upgrade sektor pencahayaan mobil menjadi lebih terang, kini ada solusi yang lebih praktis, yakni dengan memasang lampu proyektor mini alias mini projie.

Baca juga: Diskon Mazda 2 Sedan Awal Tahun Tembus Rp 30 Juta

Harga yang ditawarkan untuk memasang mini projie relatif lebih ekonomis. Selain itu, proses pemasangan juga lebih mudah dan tidak perlu merombak lampu bawaan pabrik atau headlamp.

Mini projieKompas.com/Nanda Mini projie

Lampu mobil jaman sekarang desainnya saja yang keren tapi kurang terang, maka dari itu banyak konsumen yang meminta pasang mini projie. Jadi tanpa membongkar lampu utama, cukup dipasang di grill dan itu sangat membantu pencahayaan jadi lebih terang,” ucap Joshua, owner JW Autowork, kepada Kompas.com, di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024).

Joshua menambahkan, untuk pemasangan mini projie cukup mudah. Peletakkan lampu ini paling umum ditempatkan pada gril. Sementara, untuk instalasi kabel dibuat saklar terpisah, sehingga diklaim aman dari korsleting listrik.

“Untuk pemasangan kita buatkan bracket di belakang gril, tinggal pasang saja, proses pengerjaan paling 1,5 jam. Cuma terkadang ada konsumen yang meminta untuk pasang di gril, dengan cara potong gril. Jadi kita juga mengikuti permintaan konsumen maunya seperti apa,” kata Joshua.

Mini projieKompas.com/Nanda Mini projie

Pilihan mini projie pun cukup bervariasi dengan beberapa kombinasi yang ditawarkan. Mulai dari mini projie bermata satu, lalu ada kombinasi mata dua dan mata tiga.

Baca juga: BYD Seal dan Atto 3 Tertangkap Kamera di Tol JORR, Sedang Dikirim

Misalnya saja untuk mini projie bermata satu Saber SR1 dibanderol Rp 1,4 juta, sedangkan untuk mata 3 Saber SR3 dijual Rp 2,2 juta. Ada juga mini projie berisi mata empat yang dibanderol Rp 3,5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com