Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bedanya Campervan, Caravan, dan Motorhome

Kompas.com - 21/08/2023, 15:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comModifikasi mobil yang dirancang senyaman mungkin kini telah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan tidak sedikit yang menyulap mobil menjadi seperti rumah yang bisa berjalan. 

Mulai dari campervan, motorhome hingga caravan menjadi kini menjadi tren modifikasi mobil yang mulai menanjak di Tanah Air.  

Captain Jaka, ketua Campervan Indonesia mengatakan, masih banyak yang keliru dengan membedakan ketiganya.

Baca juga: Pilihan Mobil Listrik Premium untuk Pejabat Pemprov DKI Jakarta

"Kita di undang oleh GIIAS 2023 untuk mengedukasi masyarakat Indonesia bahwa di Indonesia sudah ada kemping menggunakan mobil. Kalau di luar negeri kan sudah ada sejak lama. Kita juga mengdukasi bawah tidak semua nama kendaraan untuk kemping adalah campervan," kata Jaka kepada Kompas.com, Sabtu (19/8/2023).

Jaka menjelaskan, apabila kabin mobil dimodifikasi menyerupai rumah seperti ada toilet, tempat tidur, dapur atau meja makan adalah jenis motorhome. Ciri khas dari motorhome adalah punya fasilitas yang 100 persen mirip rumah. 

"Di bawahnya motorhome ada yang namanya campervan yang ada tempat tidur, tempat makan dan sebagainya. Tapi tidak ada toilet dan dapur karena berkaitan dengan ukuran mobil yang kecil," kata Jaka. 

Maha Motorhome BazeKompas.com/Nanda Maha Motorhome Baze

Baca juga: Rencana Toyota Gantikan Hilux Single Cabin dengan Rangga

Sementara itu, ada juga overland dengan menggunakan jenis mobil 4x4 yang tangguh melibas jalan dengan medan ekstrem. Biasanya mobil tersebut pakai rooftop bagian atapnya. 

"Kemudian ada lagi caravan yang bagian mobil dan rumah berjalannya terpisah. Caravan akan ditarik menggunakan mobil lain untuk berpindah-pindah," kata Jaka. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com