Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Lain Campervan, Bisa Jadi Rumah di Mana Saja

Kompas.com - 02/12/2023, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Campervan memang dikenal sebagai mobil yang dibawa ke area kemah, lalu bisa tidur di dalamnya. Jadi menawarkan sensasi menginap di mana saja tanpa khawatir cari hotel.

Tapi seiring waktu, ada fungsi lain dari campervan yang bisa digunakan untuk kalangan tertentu. Bahkan penyewa campervan ini bukan main-main, sekelas artis sampai personil band.

John, pegiat campervan Jajago Keliling Indonesia bercerita, dia pernah melihat campervan itu disewa oleh artis sampai grup band, bukan buat wisata, tapi buat istirahat.

Baca juga: Ini Bedanya Campervan, Caravan, dan Motorhome

John dan Riana Jajago Indonesia, keliling Indonesia pakai campervanJAJAGO KELILING INDONESIA John dan Riana Jajago Indonesia, keliling Indonesia pakai campervan

"Saya pernah ketemu artis atau grup band, sewa campervan hanya demi sebuah home base. Habis konser butuh tempat rehat, nyantai, dia masuk campervan, pasang AC, santai, tidur, leyeh-leyeh. Sudah recharge, siap lanjut lagi," kata John kepada Kompas.com, Jumat (1/12/2023).

Melihat fenomena tersebut, campervan jadi makin banyak fungsinya, bukan cuma buat wisata saja, tapi bisa buat istirahat. Apalagi untuk campervan, bagian kabinnya bisa dibuat jadi tempat tidur yang nyaman, bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja.

Baca juga: Paket Konversi Motor Listrik Murah, Cuma Rp 4 Juta


"Campervan itu seperti rumah, rumah berjalan," kata John.

Jadi bisa dibilang ada dua jenis orang menggunakan campervan menurut John. Pertama orang yang butuh kenyamanan ala rumah dan dia bisa bawa ke mana pun, seperti perkotaan, area syuting, atau tempat konser.

"Ada orang juga yang butuh rumah dan dia bawa ke tempat wisata," kata John.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com