Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengemudikan Campervan, Harus Ekstra Sabar dan Hati-hati

Kompas.com - 02/12/2023, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Penyewaan campervan saat ini menjadi pilihan menarik saat mau berlibur dengan suasana yang berbeda. Ketika sudah dapat unitnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengemudikannya di jalan raya.

John, pegiat campervan dengan nama Jajago Keliling Indonesia, membagikan beberapa poin penting saat mengemudikan campervan. Harus diingat, menyetir mobil yang besar ini berbeda dengan mobil biasa.

"Pertama, campervan itu tinggi, pasti limbung, biasakan untuk tidak menyetir cepat, bersabar. Mobil biasa kan bisa di atas 100 Kpj di tol, ini (campervan) tuh harus di bawah itu pastinya," kata John kepada Kompas.com, Jumat (1/12/2023).

Baca juga: Ini Bedanya Campervan, Caravan, dan Motorhome

John dan Riana Jajago Indonesia, keliling Indonesia pakai campervanJAJAGO KELILING INDONESIA John dan Riana Jajago Indonesia, keliling Indonesia pakai campervan

John menjelaskan, limbung pada campervan adalah hal yang wajar, mengingat dimensinya yang lebih tinggi dari mobil biasa. Alasan mobil ini tinggi juga biar nyaman ketika sedang diam, orang bisa leluasa berdiri.

"Kedua, suka tidak suka, kita saat sewa campervan, tidak bisa disamakan dengan sewa mobil biasa. Kita harus belajar dalamnya apa saja, kalau enggak ngerti fiturnya, bisa bingung," kata John.

Campervan punya segudang fitur yang ada di dalamnya, semua hal harus dipelajari. Misal seperti menghidupkan listrik, inverter, sampai air, setidaknya tahu di mana tombolnya dan cara menggunakannya.

Baca juga: Perbandingan Harga di SPBU Pertamina, Shell, Vivo, dan BP


"Dua poin itu saja yang harus diperhatikan. Sisanya tinggal menikmati kenyamanan campervan saja. Contoh capek di tol dan mau istirahat di rest area, mobil biasa kan opsinya tutup mata sebentar, buka kaca, kalau campervan, bisa rehat seperti di rumah beneran," kata John.

Memang, jalan jauh pakai campervan itu tidak bisa diburu-buru, tapi bisa menikmati semua momennya. Kalau lelah, tinggal cari lokasi yang aman dan nyaman, pindah ke bagian belakang dan bisa istirahat dengan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com