Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Tuas Persneling Mobil Bergetar

Kompas.com - 29/12/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat melakukan perjalanan jauh, pelancong mungkin menjumpai beberapa kendala-kendala unik di mobil yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Satu contoh, tuas persneling bergetar. Situasi ini umumnya terjadi pada mobil berusia lima tahun ke atas, dan bisa dialami baik jenis matik ataupun manual.

Bagi pelancong yang tengah menjalani liburan ke luar kota dan cukup jauh dari bengkel, situasi ini tentu bisa menimbulkan kekhawatiran. Jadi apakah penyebab utama dari tuas persneling bergetar?

Noval Al-Hudah, Mekanik Senior Mitsubishi Prabu pendawa Motor menjelaskan, kondisi tersebut bisa terjadi karena dua faktor, antara shift selector rusak atau mounting transmisi kendor.

Baca juga: Barang Penumpang Bus AKAP Hilang, Siapa Pihak yang Mengganti?

Tuas transmisi Serena C24 berbentuk unik berada di bawah roda kemudiTangkapan layar Tuas transmisi Serena C24 berbentuk unik berada di bawah roda kemudi

“Kalau sekedar oblak (bergetar biasa) biasanya cuma karena mounting kendor, seringnya begitu. Tapi kalau getarannya keras dan gigi sulit dioper, kemungkinan shift selector bermasalah,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (28/12/2023).

Noval menjelaskan, kendala persneling getar bisa dianggap sebagai contoh kerusakan situasional, alias tidak bisa diprediksi dan bisa berbeda-beda tergantung pengguna.

Kendati demikian, kendala semacam ini ternyata tidaklah fatal dan bisa mengancam. Walau persneling bergetar cukup mengganggu, Noval mengatakan jika pengendara tidak perlu khawatir.

Baca juga: Beda Setelan Karburator Mobil Tua Harian dengan Koleksi

Engine mountingDok. Gridoto Engine mounting

Mounting transmisi itu bahannya dari karet keras, dia bisa getas kemakan usia. Ketika sudah getas dan posisinya goyang, getaran dari gear shaft (poros transmisi) bisa ngejalar sampai persneling,” ucapnya.

Karena terbuat dari bahan karet, satu-satunya langkah penanganan untuk kendala semacam ini adalah ganti dengan komponen baru, dan biayanya ternaya cukup mahal.

Noval menjelaskan, biaya ganti mounting transmisi berbeda-beda tergantung jenis mobil, namun untuk kisarannya adalah di rentang harga Rp 2 jutaan di bengkel resmi.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com