Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Kena Vapor Lock, Ini Langkah Penanganannya

Kompas.com - 28/12/2023, 18:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat melewati jalan turunan curam tanpa melakukan antisipasi, pengendara yang masih pemula dan kurang teknik mungkin akan mengalami kerusakan bernama vapor lock.

Kerusakan ini terjadi di bagian sistem pengereman mobil, diakibatkan oleh piston rem tidak bisa bergerak akibat terjadi overheating.

Vapor lock umum terjadi di jalan turunan panjang, dan pengendara hanya menggandalkan rem saja untuk memperlambat laju kendaraan. Sikap seperti itu ternyata keliru, sebab masih ada cara deselerasi lainnya seperti engine brake.

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani menjelaskan, ada langkah penanganan khusus yang sebaiknya dilakukan jika mobil terkena vapor lock.

Baca juga: Penyebab Power Window Macet dan Cara Mengatasinya

Toyota Yaris Cross Hybrid ketika melintas di rute menanjak kawasan BromoKompas.com - Aris Harvenda Toyota Yaris Cross Hybrid ketika melintas di rute menanjak kawasan Bromo

Untuk awalnya, pengendara dianjurkan menepi dan memeriksa bagian rem mobil. Satu ciri-ciri vapor lock adalah rem hampir tidak bisa berfungsi, atau memiliki jeda dan tidak responsif.

“Itu tandanya minyak rem di piston cakram masih kepanasan, jadi harus didiamkan dulu, ditunggu sampai dingin,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (26/12/2023).

Juni mewanti-wanti supaya pengendara menunggu hingga rem dingin secara alami. Jangan menyiramkan air, hal ini justru bisa merusak.

Setelah suhu kembali normal, pengendara bisa mencoba kembali fungsi rem. Apabila tidak ada kebocoran, rem seharusnya sudah berfungsi dengan normal.

Baca juga: Etika Menggunakan Klakson Saat Menyalip Mobil Lain

Pemeriksaan kondisi kaki-kaki dan rem mobil di bengkel resmiKOMPAS.com/daafa Pemeriksaan kondisi kaki-kaki dan rem mobil di bengkel resmi

Akan tetapi, kejadian vapor lock sudah memberikan imbas pada kualitas beberapa komponen. Juni menyarankan supaya pengendara mendatangi bengkel servis sesegera mungkin.

“Nanti bisa diinspeksi lebih lanjut, kemungkinan ada selang yang bocor, atau ganti minyak rem,” ucapnya.

Servis terkecil setelah terkena vapor lock adalah mengganti minyak rem. Langkah ini sangat dianjurkan, supaya kualitas pengereman mobil tetap prima.

Banderol untuk servis penggantian minyak rem juga tidak terlalu mahal, yakni mulai Rp 200.000 sampai Rp 500.000, tergantung jenis dan tipe mobil.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com