Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos Atau Fakta, Mobil Jadi Kuat Nanjak Jika AC Dimatikan?

Kompas.com - 27/12/2023, 13:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat sedang melakukan perjalanan jauh, kontur tanjakan sering jadi momok yang menyulitkan pengemudi mobil. Supaya tidak celaka, harus dilakukan beberapa trik khusus.

Jika momentum kurang atau torsi lemah, ada potensi mobil tidak kuat nanjak, parahnya lagi bahkan merosot. Kondisi semacam ini tentunya bisa sangat membahayakan

Untuk menghindari hal tersebut, biasanya pengendara melakukan bermacam persiapan saat hendak menanjak, seperti mudur dan mengambil ancang-ancang, bergerak dengan pola zig-zag, bahkan menurunkan penumpang.

Selain langkah-langkah di atas, ternyata masih ada satu lagi trik unik yang dilakukan oleh beberapa pengendara, yakni mematikan air conditioner (AC) mobil sebelum menanjak.

Baca juga: Bikin Aman, Fitur Anti-Maling pada Motor Ini Sulit Dibobol

Harus diakui mayoritas pemilik mobil tidak fokus dalam merawat AC mobil. Perawatan biasanya hanya dilakukan di bengkel resmi saat servis berkala, dan datang ke bengkel saat AC tidak dingin.KOMPAS.com/Gilang Harus diakui mayoritas pemilik mobil tidak fokus dalam merawat AC mobil. Perawatan biasanya hanya dilakukan di bengkel resmi saat servis berkala, dan datang ke bengkel saat AC tidak dingin.

Beberapa pengendara mengklaim jika trik ini bisa memberikan tenaga ekstra untuk mesin, dan mempermudah laju mobil saat menanjak.

Penjelasan tersebut ternyata dibenarkan Juni Siswato, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani. Mobil dengan kondisi AC mati memang memiliki tenaga ekstra.

Untuk penjelasan teknisnya, AC mobil ternyata membutuhkan daya tambahan dari mesin. Supaya AC bisa menyala, mesin perlu menggerakkan kompresor.

“Ada alokasi daya yang harus dikeluarkan mesin untuk menyalakan AC. Logikanya, memang AC itu menambah kerja mesin,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/12/2023).

Baca juga: Cara Aman Melewati Tanjakan Curam Menurut Mekanik dan Pakar Berkendara

Abah Engkos (70) tengah mengatur lalu lintas di Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Abah Engkos (70) tengah mengatur lalu lintas di Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).

Selain itu, AC mobil yang menyala ternyata bisa membuat rotasi RPM mesin mobil meningkat, sekalipun posisinya langsam.

“Coba saja ketika posisi mobil netral kemudian nyalakan AC, dengung mesinnya pasti meningkat dibandingkan ketika AC mati,” ucapnya.

Berdasarkan penjelasan teknis di atas, bisa disimpulkan jika mobil dengan kondisi AC mati akan memiliki tenaga utuh, dan bisa jauh lebih bertenaga saat digunakan untuk menanjak.

Namun Juni tetap mewanti-wanti, masih ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi sukses-tidaknya menanjak. Utamanya tetap kemampuan dari si sopir itu sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com