Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman Melewati Tanjakan Curam Menurut Mekanik dan Pakar Berkendara

Kompas.com - 27/12/2023, 12:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat menjumpai tanjakan curam, ada risiko kecelakaan yang harus diperhatikan dan pengemudi mobil sebaiknya tidak sembarangan menerjang.

Untuk menghadapi tanjakan curam, ada beberapa trik berkendara penting yang harus dipahami. Jika diterapkan dengan benar, keselamatan akan jauh lebih terjamin dan komponen mobil jadi tidak mudah rusak.

Marcell Kurniawan, Training Director the Real Driving Center (RDC) menjelaskan, langkah pertama yang harus dilakukan pengemudi adalah meninjau area tanjakan.

Perhatikan perkiraan jarak dari tanjakan serta kontur jalannya, apakah kondisinya mulus dan sudah diaspal, atau masih berupa tanah berbatu.

Baca juga: Tiga Kesalahan yang Dilakukan Pengemudi di Jalan Saat Liburan

Penampakan Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Penampakan Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).

“Beda medan jalan, beda juga cara berkendaranya. Yang paling aman jelas kalau jalan sudah diaspal. Kalau masih jalan berbatu, agak tricky,” ucapnya kepada Kompas.com, Minggu (24/12/2023).

Jika pengemudi menghadapi jalan beraspal dengan kontur cukup rata dan posisinya lurus tanpa kelokan, cara menanjaknya cukup dengan menggunakan gigi transmisi paling rendah.

“Kalau mobil matik pakai D1 atau D2, kalau mobil manual pakai gigi satu atau dua. Harus gigi rendah supaya torsinya dapet,” kata Marcell.

Sedangkan untuk jalan tanah terjal dan masih banyak batu, cara menanjaknya sedikit rumit dan membutuhkan teknik khusus bernama swerving.

Baca juga: Cara Benar Mengemudikan Mobil dalam Kondisi Darurat di Jalan Tol

Jalan dari Semamu ke Binuang yang bermedan berat, nyaris full tanjakan. Ketinggian puncaknya diperkirakan antara 1.300 mdpl-1.500 mdpl.KOMPAS.com/ROBERTUS BELARMINUS Jalan dari Semamu ke Binuang yang bermedan berat, nyaris full tanjakan. Ketinggian puncaknya diperkirakan antara 1.300 mdpl-1.500 mdpl.

Swerving berarti mobil dikendarai dengan cara zig-zag, supaya ban terhindar dari resiko selip dan bisa tergelincir. Transmisi yang digunakan tetap sama, yakni ukuran gigi terkecil.

“Pakai cara swerving bisa menambah grip di ban mobil. Pastinya berkendara pelan-pelan saja dan tidak buru-buru,” ucap Marcell.

Satu trik tambahan dibagikan oleh Juni Siswanto, Technical leader Auto2000 Ahmad Yani. Khusus pengguna mobil manual, sebaiknya memakai cara setengah kopling.

Artinya, usahakan kedua kaki selalu bersiaga di pedal kopling dan rem. Apabila gagal nanjak, kedua pedal bisa diinjak supaya mobil tidak tergelincir mundur.

Baca juga: Cara Mengerem Motor Matik di Turunan Curam dan Panjang

Ilustrasi kampas kopling mobilNisa Maulan Shofa Ilustrasi kampas kopling mobil

“Ini (cara setengah kopling) perlu banyak latihan, tapi kalau sudah terbiasa pasti bermanfaat untuk perjalanan lainnya,” ucap Juni kepada Kompas.com, Selasa (25/12/2023).

Satu hal penting yang harus diperhatikan, cara berkendara setengah kopling sebaiknya hanya dilakukan di situasi penting saja, seperti tanjakan curam. Tujuannya adalah supaya kampas kopling tidak cepat habis.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com