Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Aman, Fitur Anti-Maling pada Motor Ini Sulit Dibobol

Kompas.com - 27/12/2023, 12:22 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Immobilizer merupakan fitur keamanan pada sepeda motor yang mengandalkan cip sebagai pemutus sinyal.

Dengan demikian, mesin motor tidak akan bisa dihidupkan tanpa adanya remote yang berada di dekatnya.

Sayangnya, tak semuamotor dibekali immobilizer karena memang perangkatnya terbatas dan lebih mahal. Biasanya fitur ini hanya diadaptasi padatipe tinggi.

Dengan kondisi motor yang lebih aman, kita bisa meninggalkan tanpa khawatir, contohny saat merayakan Tahun Baru.

Baca juga: Video Smart Key Honda Bisa untuk Dua Motor, Ini Penjelasan AHM

Kunci Emergency dan Remote Smartkey untuk motor Honda Vario 150 KeylessKompas.com/Daafa Kunci Emergency dan Remote Smartkey untuk motor Honda Vario 150 Keyless

Yusuf, Pemilik Kunci Maestro Spesialis Immobilizer Key Yogyakarta mengatakan, sudah banyak motor menggunakan sistem immobilizer, jika zaman dulu paling di motor-motor gede tapi sekarang Vario saja pakai.

“Untuk Vario mulai ada di varian yang 150 cc tahun 2018 ke atas, semua yang sudah keyless pakai immobilizer untuk di motor biasanya seperti itu,” ucap Yusuf kepada Kompas.com, Selasa (26/12/2023).

Keyless di sini artinya tanpa anak kunci untuk menghidupkan mesin. Berbeda dengan mobil, sistem immobilizer pada motor tidak bisa ditentukan dengan melihat ada anak kuncinya atau tidak menurut Yusuf.

Baca juga: Kenali Ciri Baterai Smart Key Honda Lemah, Cek Speedometer

Modifikasi Honda Vario 150 milik Ryan JonathanRyan Jonathan Modifikasi Honda Vario 150 milik Ryan Jonathan

Immobilizer bukan sekadar alarm, karena fungsinya memang lebih dari sekadar memunculkan tanda bahaya ketika terjadi pencurian tapi membatasi akses pencuri untuk dapat menyalakan mesin.

“Sistem immobilizer pada motor akan menyulitkan pencuri karena dengan alat kunci T yang biasa digunakan tidak akan mampu membobolnya, bahkan seandainya pencuri tahu masalah kelistrikan juga belum tentu bisa,” ucap Yusuf.

Hal ini berkat sistem keamanan immobilizer lebih paten antara remote dengan cip yang dipasangkan. Jika motor tidak mampu mendeteksi remote yang sesuai, maka mesin tidak akan bisa hidup.

Baca juga: Mau Duplikat Smart Key Honda di AHASS? Biaya Rp 50.000

Vespa Primavera edisi Mickey Mouse akhirnya dirilis di IndonesiaDok. Vespa Indonesia Vespa Primavera edisi Mickey Mouse akhirnya dirilis di Indonesia

“Beberapa motor sudah dibekali fitur immobilizer dari pabrik seperti Honda Vario, Honda PCX, Vespa Matik dan kami tidak bisa mengubah motor biasa dipasang immobilizer, karena perangkat tersebut tidak dijual bebas,” ucap Yusuf.

Meski demikian, Yusuf bisa memprogram ulang immobilizer sehingga ketika remotenya hilang bisa diurus dengan lebih mudah asal dapat menunjukkan bukti kepemilikan yang sah.

Secara umum, motor yang sudah dibekali fitur tersebut, cenderung lebih aman dari pencurian karena sistem keamanannya sudah melebihi teknologi yang ada di mobil biasa tanpa immobilizer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com