Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Pakai Peta Digital Saat Perjalanan Jauh

Kompas.com - 23/12/2023, 14:02 WIB
Selma Aulia,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), jadi momen yang digunakan sebagian orang untuk melakukan perjalanan jauh dan mengeksplorasi tempat-tempat baru.

Untuk menghadapi perjalanan tersebut, tidak sedikit pengemudi yang menggunakan peta digital sebagai alat penunjuk jalan, sehingga dapat memberikan kelancaran dan kenyamanan saat bepergian.

Meski begitu, penggunaan peta digital tidak selalu berjalan lancar, terkadang malah diarahkan ke jalan sempit yang bahkan tidak bisa dilewati kendaraan.

Sehingga, penting untuk pengemudi melakukan persiapan menggunakan aplikasi ini sebelum perjalanan.

Baca juga: 100 Bus Listrik Resmi Beroperasi di Jakarta, 26 Unit dari DAMRI

Galaxy Z Flip 4 menampilkan mode Flex Mode di aplikasi Google Maps.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Galaxy Z Flip 4 menampilkan mode Flex Mode di aplikasi Google Maps.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, pengemudi harus mempelajari dulu rute yang akan dilewati selama perjalanan.

“Jadi sebelum jalan penting untuk melakukan rencana perjalanan, bisa dengan membuka Google Maps dan melihat rute yang disarankan, kemudian coba lihat area-area yang akan dilewati melalui foto 360 yang disediakan Google Maps,” ujar Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pengemudi bisa mempelajari rute perjalanan sebelum berangkat melalui peta digital, caranya dengan mengaktifkan mode satelit.

Dengan demikian, sopir bisa menghafal rute atau setidaknya mengetahui rute mana yang akan dilewati.

Baca juga: Estimasi Biaya Perjalanan Jakarta-Surabaya Naik Wuling Air EV, di Bawah Rp 1 Juta

Aplikasi terbaru peta digital Google Street View yang dilengkapi teknologi foto 360 derajat. Aplikasi ini dijalankan melalaui sistem operasi Android dan dapat diunduh gratis, Kamis (1/10/2015). KOMPAS/LUCKY PRANSISKA Aplikasi terbaru peta digital Google Street View yang dilengkapi teknologi foto 360 derajat. Aplikasi ini dijalankan melalaui sistem operasi Android dan dapat diunduh gratis, Kamis (1/10/2015).

Dengan menghafal rute atau patokan saat mengemudi, akan membantu jika tiba-tiba sinyal ponsel hilang.

Marcell juga mengatakan, sebaiknya menggunakan dua aplikasi sebagai pembanding jika dilewatkan di jalan sempit.

“Kemudian saat di jalan, jangan hanya mengandalkan satu aplikasi, terutama bila diarahkan ke jalan yang kecil, coba gunakan dua aplikasi, misalnya Waze dan satu lagi Google Maps,” ujar Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com