Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Rekayasa Lalu Lintas Polda DIY Saat Libur Nataru 2023

Kompas.com - 22/12/2023, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 sudah di depan mata. Sejumlah kendaraan dari Jakarta terpantau mulai bergerak ke daerah-daerah di Pulau Jawa termasuk Yogyakarta dan sekitarnya.

Maka dari itu untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, serta mengatur kelancaran perayaan Natal dan Tahun Baru pihak kepolisian daerah DIY akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas.

1. Contra fLow

Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Alfian Nurrizal mengatakan tindakan antisipasi akan dilakukan bila terpantau ada penumpukan lalu lintas selama libur Nataru seperti diberlakukannya contra flow.

Baca juga: Malam Tahun Baruid Yogyakarta, Polisi Berlakukan Car Free Night di Malioboro hingga Titik Nol

Kondisi Ruas Kartasura-Karanganom yang merupakan bagian dari jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo akan dibuka sementara pada 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2023.KOMPAS.com/Hilda B Alexander Kondisi Ruas Kartasura-Karanganom yang merupakan bagian dari jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo akan dibuka sementara pada 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2023.

"Kami lakukan pemantauan CCTV, apabila nanti peningkatan kendaraan terjadi kami akan berlakukan contra flow untuk menghindari kemacetan, khususnya di Prambanan, Kalasan sebagai antisipasi kendaraan yang keluar dari tol" ucap Alfian, Rabu (20/12/2023).

Kamera pemantau tersebut sudah terintegrasi dengan pemerintah daerah dan pusat dan diletakkan di lokasi-lokasi yang berpotensi mengalami penumpukan seperti di Prambanan, Kalasan dan lokasi lainnya.

2. Car free night

Kemudian untuk pengamanan di dalam kota khususnya Tugu, Malioboro, dan Kraton akan diberlakukan malam bebas kendaraan (car free night) pada 31 Desember 2023 mulai pukul 18.00 WIB sampai pukul 01.00 WIB.

Baca juga: Sultan Minta Masyarakat Tak Keliling Yogyakarta Saat Malam Tahun Baru

Car free night akan dilakukan di area Tugu, Malioboro, dan Kraton saat malam tahun baruTangkapan layar Car free night akan dilakukan di area Tugu, Malioboro, dan Kraton saat malam tahun baru

Beberapa titik lokasi parkir di dalam Kota Yogyakarta juga sudah disiapkan, khususnya di sekitaran Gumaton (Tugu, Malioboro dan Kraton).

3. Hindari jalur alternatif

Alfian mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melalui jalur Cino Mati, Kabupaten Bantul selaku jalan alternatif. Sebagai upaya pengamanan, pihak Ditlantas akan menempatkan anggota PAM Swakarsa yang akan menjaga jalur Cino Mati.

"Akan ada masyarakat PAM swakarsa, mereka bakal membantu anggota kami memberikan kesadaran masyarakat tidak melalui jalur Cino Mati, nanti kami berikan reward karena Cino mati itu jalur super ekstrem, masyarakat sebaiknya lewat jalan utama dulu," terang Alfian.

Baca juga: Libur Nataru, Penumpang Kereta Daop 6 Yogyakarta Diprediksi Naik 9 Persen

Banner larangan sampah masuk ke Gunungkidul di Jalan Yogyakarta -Wonosari, Kapanewon Patuk.KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Banner larangan sampah masuk ke Gunungkidul di Jalan Yogyakarta -Wonosari, Kapanewon Patuk.

4. Gunakan jalur Patuk-Gunungkidul

Jalur Patuk-Gunungkidul sudah dapat dilalui dengan lancar setelah mengalami perbaikan beberapa waktu lalu. Kendati demikian, Alfian tetap mengimbau agar sebisa mungkin masyarakat memilih jalur utama.

"Jalur Patuk-Gunungkidul kami laporkan sudah bisa dilalui. Tetapi kami menyarankan keluarga yang ingin berwisata utamakan melewati jalur utama," kata Alfian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com