Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Leasing Tak Takut Sambut Tahun Politik

Kompas.com - 21/12/2023, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pembiayaan Mandiri Tunas Finance optimistis bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan wakil Presiden di semester pertama 2024 tidak berpengaruh pada penyaluran pembiayaan kredit mobil.

Afri Feder Fauzi, Chief Marketing MTF, mengatakan, hasil studi yang dilakukan internal, bahwa penjualan mobil dan penyaluran pembiayaan di semester pertama tahun depan sama seperti di kuartal 3 dan kuartal 4 2023.

Baca juga: Catat Waktunya, Tarif Tol Trans Jawa Diskon 10 Persen saat Nataru

"MTF melihatnya, kita bicara empat kuartal atau dua semeter ya, kalau kita lihat tahun politik itu lebih di semester pertama. Untuk semester pertama (tahun) depan kurang lebih kondisinya sama dengan Q3 dan Q4 2023, jadi MTF tetap optimistis melihat semester pertama 2024," ujar Afri yang ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Ilustrasi kredit kendaraan bermotor, kredit mobil.SHUTTERSTOCK/R PHOTOGRAPHY BACKGROUND Ilustrasi kredit kendaraan bermotor, kredit mobil.

Afri menilai bahwa tahun politik di 2024 tidak akan berdampak besar bagi bisnis MTF sebab saat ini masyarakat sudah pintar. Tidak menggabungkan hasil politik di jajaran elit dengan keputusan untuk membeli mobil baru

"Apa hasil terhadap otomotif? menurut saya masyakat Indonesia sudah cukup pintar, tidak terpengaruh pada politik terhadap sektor ekonomi," ujarnya.

"Sehingga kita sama dengan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) dan Bank Mandiri melihat semuanya akan tetap tumbuh, terutama di semester pertama," katanya.

"Kalau kami melihat tidak ada perlambatan ekonomi," ucap Afri.

Namun Afri enggan menyebut berapa total portofolio MTF tahun ini karena belum tutup buku. Dia mengatakan pihaknya masih mengejar bulan Desember baru bisa memberikan angka secara pasti.

Baca juga: Cara Komunitas Avanza-Xenia Dukung Pengurangan Emisi Karbon

Pada program Flash Sale Mobil 9RB, pengguna bisa membeli Toyota Avanza 1.3 E M/T hanya seharga Rp 9.000 pada puncak kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Sale, Sabtu (9/9/2023). dok. Istimewa Pada program Flash Sale Mobil 9RB, pengguna bisa membeli Toyota Avanza 1.3 E M/T hanya seharga Rp 9.000 pada puncak kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Sale, Sabtu (9/9/2023).

Mengenai target pertumbuhan MTF tahun depan, Afri berharap bisa tumbuh lebih dari 12 persen sesuai dengan pertumbuhan pembiayaan MTF tahun ini.

Adapun soal mobil listrik, Afri berhdarp pertumbuhan pembiayaan mobil listrik semakin baik. Tahun ini saja kata dia, dalam satu bulan, MTF dapat membiayai ratusan mobil listrik.

"Sekitar 350 unit per bulan untuk EV saja di luar hybrid. Total pembiayaannya sekitar Rp 200 miliar per bulan," ujar Afri.

Afri mengatakan, untuk tahun depan proyeksinya pertumbuhan pembiayaan mobil listrik meningkat lebih dari 12 persen sesuai dengan pertumbuhan pembiayaan MTF tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com