Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bepergian Saat Libur Nataru, Pastikan Obat-obatan Ini Ada di Mobil

Kompas.com - 20/12/2023, 19:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan panjang di akhir tahun 2023 segera dimulai, bagi para pelancong yang hendak melakukan perjalanan jauh bersama keluarga, ada beberapa anjuran bermanfaat terkait persiapan.

Satu persiapan wajib yang sebaiknya tidak dilupakan adalah menyuplai obat-obatan penting, sebagai modal persiapan jika dijumpai masalah kesehatan di jalan. Hal ini juga termasuk ke dalam poin keselamatan berkendara.

Terkait hal ini, dr. Farid Eka Wahyu Endarto, Dokter Poliklinik Universitas Negeri Malang, mengimbau semua pelancong untuk membeli kotak pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) yang sudah diisi obat-obatan tertentu.

Selayaknya perjalanan jauh, liburan menggunakan mobil atau motor akan sangat menguras tenaga. Selain itu, ada pula risiko-risiko lain yang harus diantisipasi.

Baca juga: Hitung Estimasi Biaya Liburan Jakarta-Bali Naik Innova Zenix Hybrid

Ilustrasi mengantuk saat berkendara.albayan Ilustrasi mengantuk saat berkendara.

“Obat-obatan itu memang tidak selalu dibutuhkan setiap saat, tapi ketika sedang butuh, harus sudah tersedia supaya penanganannya cepat,” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (20/12/2023).

Farid menjelaskan, beberapa obat yang disiapkan sebaiknya mencangkup perawatan tubuh bagian luar dan dalam, ada obat minum dan oles.

Obat-obatan dalam bisa berupa antimabuk, penurun panas, serta obat untuk penyakit pribadi seperti asma, migrain dan sejenisnya.

“Untuk penyakit pribadi seperti misalnya vertigo, asma, atau darah tinggi, pastikan obatnya selalu dibawa. Ketika sedang urgent dan kambuh, bisa langsung diminum,” kata Farid.

Baca juga: Road Trip Pakai Honda Brio Jakarta-Surabaya, Siapkan Dana Rp 1,3 Jutaan

Ilustrasi kotak P3K.SHUTTERSTOCK / Pat_Hastings Ilustrasi kotak P3K.

Sedangkan untuk obat luar, yang dibutuhkan adalah alkohol, perban, dan obat kuning seperti betadine. Penanganan luka luar juga harus diperhatikan, untuk mencegah infeksi dan demam.

Sebagai referensi, Farid membagikan lima kategori obat wajib yang sebaiknya dibawa pelancong saat liburan. Berikut daftarnya :

- Obat khusus penyakit pribadi dari Dokter (asma, sakit jantung, vertigo, dan sejenisnya)

- Obat penyakit lambung (maag, anti mabuk, diare)

- Obat anti alergi

- Obat luka luar (alkohol, kain kasa medis, rivanol)

- Obat penurun panas dan sakit kepala (parasetamol, ibuprofen, aspirin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com