Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Ruas Tersambung, Tol Cijago Seksi 3B Segera Dibuka

Kompas.com - 21/12/2023, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, sudah diumumkan bahwa tol Cinere-Jagorawi (Cijago) sudah tersambung seluruhnya. Untuk seksi 3B, akan mulai dibuka dalam waktu dekat ini.

Seksi 3B tol Cijago yang menyambungkan antara Simpang Susun Krukut dengan Limo. Nantinya, pengguna jalan tol ini tidak hanya bisa ke Cinere, tapi juga ke Pamulang, Serpong, bahkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Tol Cijago Seksi 3B Dibuka Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2024

Diinformasikan oleh akun Instagram @senkomdesari, Rabu (20/12/2023), tol Cijago seksi 3B akan dibuka pada Jumat, 22 Desember 2023, pukul 00.00 WIB. Jalan tol ini sudah beroperasi penuh dari Cimanggis hingga Cinere, maupun sebaliknya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Senkom Desari (@senkomdesari)

Pengguna jalan tol Depok-Antasari (Desari) juga bisa memanfaatkannya. Pengendara dari arah Jakarta atau Sawangan, bisa mengarah ke Cinere melalui Simpang Susun Krukut.

Dengan demikian, pengendara yang dari Bogor juga bisa mempersingkat waktu dan jarak. Sebab, tidak harus melewati ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Baca juga: Semua Ruas Tersambung, Tol Cijago Seksi 3B Masih Belum Beroperasi

"Rencananya, tol yang seksi 3B, dari arah Krukut ke arah Cinere akan kita buka besok malam. Jadi, Kamis, malam Jumat, tepat jam 00.00 WIB akan kita buka," ujar Direktur Operasional PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) Alfiandra kepada Kompas.com, Rabu (20/12/2023).

Ruas jalan tol Cinere--Jagorawi (Cijago)Kementerian PUPR Ruas jalan tol Cinere--Jagorawi (Cijago)

"Tarifnya untuk saat ini yang berlaku yang existing saja dulu, dengan tarif yang dari arah Jagorawi, Rp 9.000 untuk Golongan I," kata Alfiandra.

Selain itu, Alfiandra menambahkan, yang di Simpang Susun Krukut dan semua ramp yang dari Tol Depok-Antasari (Desari) juga akan dibuka. Jadi, semua ramp yang ke arah Sawangan, Kukusan, Antasari, akan dibuka semua.

Gerbang Tol Limo Utama di ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B.Dok. Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Gerbang Tol Limo Utama di ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B.

"Jumlah ramp tersebut kan ada delapan, tapi selama ini baru kita buka dua ramp. Nanti akan kita buka semuanya, termasuk yang dari arah Kukusan ke Sawangan," ujarnya.

Tol sepanjang 2,19 km ini sudah lulus Uji Laik Fungsi dan mendapat Sertifikat Laik Operasi dari Direktur Jenderal Bina Marga.

Menteri PUPR juga sudah menerbitkan SK penetapan operasi berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 1402/KPTS/M/2023 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Cinere–Jagorawi Seksi 3 B (Junction Krukut–Cinere) tertanggal 2 Oktober 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com