Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kucuran Kredit Mobil Listrik MTF Tembus Rp 200 Miliar Per Bulan

Kompas.com - 19/12/2023, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pembiayaan Mandiri Tunas Finance (MTF) mengatakan pertumbuhan pembiayaan mobil listrik semakin baik. Dalam satu bulan, MTF mengatakan dapat membiayai ratusan mobil listrik.

Afri Feder Fauzi, Chief Marketing MTF mengatakan, dalam satu bulan MTF dapat membiayai tidak kurang dari 350 unit mobil listrik.

"Sekitar 350 unit per bulan untuk EV saja di luar hybrid. Total pembiayaannya sekitar Rp 200 miliar per bulan," ujar Afri yang ditemui di Jakarta, Senin (18/12/2023).

Baca juga: Efektifkan Biaya Operasional Kendaraan dengan Sewa Mobil Jangka Panjang

Wuling Air ev Berpartisipasi di IEMS 2023 Wuling Wuling Air ev Berpartisipasi di IEMS 2023

Afri mengatakan, untuk tahun depan proyeksinya pertumbuhan pembiayaan mobil listrik meningkat lebih dari 12 persen sesuai dengan pertumbuhan pembiayaan MTF tahun ini.

"Tumbuhnya MTF itu secara total portofolio itu di atas 12 persen dari tahun ini, jadi pasti tumbuh di atas 12 persen," katanya.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Listrik per Desember 2023, Bertambah Binguo EV

Meski demikian Afri enggan menyebut berapa total portofolio MTF tahun ini karena belum tutup buku. Dia mengatakan pihaknya masih mengejar bulan Desember baru bisa memberikan angka secara pasti.

Di sisi lain, Afri juga enggan merinci mobil listrik apa yang paling laris. Dia hanya menyebut modelnya sama persis dengan data penjualan mobil listrik terbanyak yang dimiliki Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Ilustrasi mobil listrik MG4 EV di salah satu diler MG di ThailandKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi mobil listrik MG4 EV di salah satu diler MG di Thailand

"Saya tidak sebut boleh top EV-nya, sebab kalau saya bicara mereknya karena kami berafiliasi dengan semua merek saya agak kurang etis kalau bicara siapa yang paling top," ujar Afri.

Baca juga: Cara United E-Motor Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

"Tapi sebagai gambaran kalau teman-teman melihat data Gaikindo siapa paling besar nah portofolio (pembiayaan) baik non EV (ICE/mobil konvensional) dan EV itu sama persis seperti Gaikindo," katanya.

Mengutip Gaikindo, secara general periode Januari-November 2023, mobul listrik paling laris ditempati Hyundai Ioniq 5 dengan total 5.827 unit, kemudian Wuling Air ev dengan jumlah 4.005 unit.

Posisi ketiga ditempati Hyundai Ioniq 6 sebanyak 238 unit, kemudian di posisi keempat ada DFSK Gelora E sebanyak 102 unit, dan posisi kelima MG 4 EV: 81 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com