Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remote Vespa Matik Hilang, Segini Biaya Bikin Barunya

Kompas.com - 18/12/2023, 20:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Dewasa ini, sepeda motor banyak dibekali fitur modern lebih lengkap, salah satunya yakni keyless. Dengan demikian, motor dapat dioperasikan tanpa melibatkan anak kunci.

Seperti yang ada pada Vespa matik yang sudah dibekali fitur immobilizer. Hanya saja, banyak anggapan bahwa fitur modern tersebut membutuhkan perbaikan lebih ribet dan ujung-ujungnya justru menyusahkan konsumen bila terjadi kerusakan.

Rupanya, anggapan tersebut kurang tepat pasalnya kini mulai bermunculan spesialis kunci dan remote kendaraan bermotor. Sehingga, tanpa perlu ke diler konsumen bisa memanggil ahli ke rumah atau ke lokasi kendaraan.

Baca juga: Tarif Sewa Motor di Yogyakarta Saat Libur Nataru, Vespa mulai Rp 250.000

Puluhan rider atau pengendara skuter matic Vespa weekend ride bersama di Kota Malang, Jawa Timur pada Sabtu (4/11/2023).KOMPAS.com/ Nugraha Perdana Puluhan rider atau pengendara skuter matic Vespa weekend ride bersama di Kota Malang, Jawa Timur pada Sabtu (4/11/2023).

Yusuf, Pemilik Maestro Kunci mengatakan konsumen khususnya pengendara motor modern tidak perlu khawatir dengan fitur keamanan.

“Motor-motor zaman sekarang sudah dilengkapi dengan sistem canggih, seperti keyless atau smartkey, bahkan ada yang sudah mengusung fitur immobilizer, seperti yang ada pada Vespa matik,” ucap Yusuf kepada Kompas.com, Minggu (17/12/2023).

Yusuf mengatakan ketika remote motor hilang, konsumen tidak perlu panik karena masalah tersebut bisa diatasi dengan baik.

Baca juga: Vespa Dapat Pengakuan Desain, Vespa KW Dilarang Dijual

Kunci keyless Vespa GTS Super Tech 300 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Kunci keyless Vespa GTS Super Tech 300 2023

“Remote yang hilang bisa dibikin lagi dengan yang baru, dan remote yang sudah di tangan orang lain tidak akan bisa digunakan pada motor tersebut karena ada pemrograman ulang saat perbaikan,” ucap Yusuf.

Yusuf mengatakan penggantian remote motor dengan fitur immobilizer sebenarnya tidak terlalu mahal bila dilakukan di spesialis kunci.

“Kami pasang tarif bisa sepertiga lebih murah dari diler resmi karena perbaikan yang dilakukan memang sengaja memperhatikan bujet konsumen, untuk Vespa matik duplikat remote immobilizer mulai Rp 250.000,” ucap Yusuf.

Baca juga: Vespa Primavera Edisi Mickey Mouse Masuk Indonesia, Harga Rp 60,2 Juta

Vespa Sprint 2023Dok. Piaggio Indonesia Vespa Sprint 2023

Kecuali remote Vespa matik hilang dua-duanya, menurut Yusuf proses perbaikannya akan lebih rumit sehingga tarif perbaikannya lebih tinggi. Belum lagi bila tipenya lebih tinggi.

“Jika hilang dua-duanya untuk remote Vespa matik mulai paling murah Rp 1,4 juta karena proses perbaikan lebih rumit, ada pembongkaran perangkat juga, tapi harga ini tentu lebih murah daripada di diler resmi karena ECU tidak diganti,” ucap Yusuf.

Bahkan, untuk motor-motor dengan spesifikasi lebih rendah daripada Vespa seperti Honda, Yamaha dan sejenisnya dengan tanpa immobilizer, tarif perbaikan kunci motor hilang bisa sangat terjangkau menurut Yusuf.

“Duplikat kunci mulai Rp 35.000 sudah beres untuk kunci-kunci kendaraan tanpa immobilizer,” ucap Yusuf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com