Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Naik Bus Double Decker PO Rosalia Indah Rute Jakarta-Karanganyar

Kompas.com - 18/12/2023, 12:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Rosalia Indah merupakan perusahaan bus antar kota antar provinsi AKAP yang beroperasi sejak 1991, sehingga kini usianya sudah 32 tahun.

Salah satu layanan yang diberikan oleh PO Rosalia Indah adalah bus double decker dengan kombinasi tiga kelas di dalamnya yakni First Class (dek bawah), Super top (dek bawah) dan Eksekutif Plus (dek atas). Tim redaksi Kompas.com kali ini berkesempatan mencoba layanan First Class.

Bus double decker PO Rosalia Indah dengan rute Jakarta-Karanganyar ini keberangkatannya siang pukul 13:00 WIB dari pool Ciputat Baru. Di sana terdapat tempat duduk yang luas dan nyaman dan terdapat juga ruang tunggu ber-AC.

Baca juga: PO Rosalia Indah Punya SOP Batas Kecepatan Maksimal Bus

Bus PO Roaslia Indah dengan sasis double decker SR3 buatan LaksanaRosalia Indah Bus PO Roaslia Indah dengan sasis double decker SR3 buatan Laksana

Saat proses check in, barang bawaan akan diberikan label sesuai identitas penumpang sehingga meminimalisasi peluang barang tertukar. Penumpang juga akan mendapatkan air mineral gratis sebagai fasilitas mulai dari menunggu bus.

Begitu bus sudah siap, petugas akan mengantarkan penumpang saat keberangkatan sehingga tidak perlu takut tertinggal atau salah masuk. Bahkan bagi penumpang First Class akan disambut oleh Pramugari atau Pramugara dan menunjukkan arah tempat duduk sesuai tiket.

Saat memijakkan kaki pertama kali pada dek bus, bisa dilihat ada toilet dan anak tangga menuju dek atas. Artinya, bus ini dilengkapi toilet di tengah serta berada di ruang terpisah dengan ruangan First Class dan Super Top.

Baca juga: Ini 3 Rahasia Kenyamanan Bus Scania Milik PO Rosalia Indah

Scania menjadi nyawa bus double decker Rosalia IndahKompas.com/Erwin Setiawan Scania menjadi nyawa bus double decker Rosalia Indah

Dengan konfigurasi tempat duduk 1-1 membuat First Class tampak lebih spesial karena memiliki ruang lebih luas serta kursi bisa direbahkan menjadi sleeper. Ditambah bantal, guling serta selimut membuat tempat duduk seperti hotel kapsul sangat nyaman.

Untuk menjaga privasi penumpang, pada First Class juga dilengkapi tirai coklat cukup mewah yang bisa menutup sekitar tempat duduk menjadi sebuah ruangan kapsul. Di hadapan penumpang terdapat layar AVOD yang bisa menampilkan beberapa hiburan seperti film, musik dan permainan.

Tidak hanya nyaman, tempat duduk juga dilengkapi sabuk yang bisa meningkatkan keselamatan penumpang selama perjalanan. Di beberapa sisi juga tersedia pemecah kaca jendela untuk bisa digunakan dalam kondisi darurat.

Baca juga: PO Rosalia Indah Rilis 5 Unit Bus Baru Pakai Bodi Skylander R22

Bus Rosalia Indah First ClassKompas.com/Erwin Setiawan Bus Rosalia Indah First Class

 

Pada bagian samping tempat duduk terdapat sandaran lengan minimalis dengan corak serat kayu elegan dan halus. Pada sandaran tersebut terdapat colokan USB dapat digunakan untuk mengisi daya ponsel. Di area tersebut terdapat cup holder dan laci yang cukup berguna untuk menaruh benda seperti botol, gelas atau benda lainnya.

Kursi bisa dengan mudah direbahkan atau diatur sesuai keinginan dengan memainkan tombol. Dengan bantuan motor listrik, tingkat kemiringan sandaran kursi bisa diatur dengan lebih mudah.

Bus ini menggunakan bodi Jetbus 3+ double decker buatan Adiputro dan sasis Scania K410 yang terkenal dengan tenaga serta kelembutannya saat melakukan akselerasi. Sehingga menunjang kenyamanan penumpang.

Baca juga: PO Rosalia Indah Rilis Bus Baru Mewah, Ada 2 Kelas dalam 1 Bus

Layanan PO Rosalia Indah untuk penumpang First ClassRosalia Indah Layanan PO Rosalia Indah untuk penumpang First Class

Selain itu, PO Rosalia Indah ini juga memberikan servis makan satu kali di rumah makan milik perusahaan bertepatan di rest area Subang. Uniknya, penumpang bisa memesan makanan sebelum bus sampai di lokasi.

Ada banyak menu makan dan minum yang ditawarkan langsung oleh petugas, penumpang hanya tinggal pilih sesuai selera. Layanan take order ini hanya tersedia untuk First Class dan Super Top.

Begitu sampai di rumah makan, penumpang First Class akan mendapatkan sambutan hangat dari Koki di sana dan diarahkan menuju meja yang sudah tersaji makanan sesuai pesanan. Tata letak makanan dan ornamen di meja kental dengan nuansa mewah.

Baca juga: Bocoran Bus Baru PO Rosalia Indah Rilis, Pakai Livery Anyar

PO Rosalia Indah menyajikan beragam menu makanan untuk penumpang First ClassPO Rosalia Indah PO Rosalia Indah menyajikan beragam menu makanan untuk penumpang First Class

Sebagai tambahan informasi, beberapa menu yang bisa dipesan antara lain: iga bakar, sop buntut, siomay, ayam bakar, ayam geprek, dan masih banyak lainnya. Aneka minuman juga bisa dipesan seperti es teh, jus, minuman hangat dan lain-lain.

Selama perjalanan dari Ciputat Jakarta sampai Palur Karanganyar bus berhenti di beberapa terminal untuk mengambil penumpang seperti Terminal Pondok Pinang, Kampung Rambutan dan Pasar Rebo. Setelah itu bus melewati Tol Trans Jawa sehingga waktu yang dibutuhkan cukup singkat hanya sekitar 10 jam.

Secara keseluruhan, pelayanan yang diberikan PO Rosalia Indah pada First Class cukup membuat terkesan. Ternyata ada bus dengan fasilitas semewah ini. Dengan biaya Rp 510.000 perjalanan Jakarta-Karanganyar terasa sangat singkat dan menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com