Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Rahasia Kenyamanan Bus Scania Milik PO Rosalia Indah

Kompas.com - 16/12/2023, 11:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Dewasa ini banyak bus antar kota antar provinsi (AKAP) menggunakan sasis Scania. Salah satunya bus double decker atau bus tingkat milik PO Rosalia Indah.

Perlu diketahui Scania berdiri pada 1891 di Swedia, memiliki visi “Driving the Shift towards a Sustainable Transport System” untuk menciptakan mobilitas lebih baik dalam mendukung bisnis, masyarakat, dan lingkungan.

Scania mengusung tiga prinsip utama, yaitu Energy Efficiency, Alternative Fuels & Electrification, dan Smart & Safe Transport. Pada 2004, PT United Tractors Tbk ditunjuk menjadi distributor tunggal Scania di Indonesia.

Baca juga: PO Rosalia Indah Rilis 5 Unit Bus Baru Pakai Bodi Skylander R22

Kapten bus double decker PO Rosalia Indah sedang mengendalikan laju busKompas.com/Erwin Setiawan Kapten bus double decker PO Rosalia Indah sedang mengendalikan laju bus

Dwi, Wakil Kapten bus double decker PO Rosalia Indah mengatakan Scania merupakan sasis yang paling nyaman saat dioperasikan.

1. Dibekali transmisi matik

Berbeda dengan kebanyakan bus, Scania membekali transmisi berjenis otomatis sehingga penumpang merasa lebih nyaman saat bus melakukan akselerasi.

“Selain memiliki tenaga dan torsi yang besar, menurut saya Scania lebih halus perpindahan percepatan transmisinya mungkin karena transmisi matik ya,” ucap Dwi kepada Kompas.com, Sabtu (16/12/2023).

Baca juga: Bocoran Bus Baru PO Rosalia Indah Rilis, Pakai Livery Anyar

Scania menjadi nyawa bus double decker Rosalia IndahKompas.com/Erwin Setiawan Scania menjadi nyawa bus double decker Rosalia Indah

Dwi mengatakan saat dipacu dari kecepatan nol sampai pada kecepatan maksimal tidak begitu terasa hentakannya, sehingga hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan penumpang.

2. Dibekali retarder

Selanjutnya Scania juga dilengkapi retarder atau elektromagnetik yang bertugas menghambat putaran poros penggerak sehingga memberikan dampak pengereman secara halus.

“Scania juga melengkapi retarder sebagai alat bantu pengereman, sehingga selain lebih aman pengereman menjadi lebih halus,” ucap Dwi.

Baca juga: Viral Video Bus Tronton Rosalia Indah Alami Ban Selip

Bus tingkat PO Rosalia IndahInstagram @Rosalia_indahmania Bus tingkat PO Rosalia Indah

Saat bus melaju kencang pada kecepatan maksimal, yakni 110 kpj dan tiba-tiba terlihat ada perlambatan kendaraan di depan, maka saat itu retarder akan diaktifkan sehingga terjadi pengereman yang halus.

“Retarder membuat bus melambat tanpa menginjak pedal rem, sehingga kampas rem tidak bekerja terlalu berat, bisa dikatakan kami memang menghindari pengereman mendadak,” ucap Dwi.

3. Dilengkapi roda belakang yang bisa berbelok

Selain itu, Dwi mengatakan khusus bus double decker dengan sasis Scania sudah dilengkapi kemudi roda belakang sehingga manuver menjadi lebih nyaman bagi penumpang.

Baca juga: PO Rosalia Indah Rilis Bus Baru Mewah, Ada 2 Kelas dalam 1 Bus

Bus tingkat PO Rosalia IndahYoutube Adi Putro Official Bus tingkat PO Rosalia Indah

“Saat kemudi diputar, roda paling belakang juga ikut berbelok tapi dengan arah berlawanan, misal roda depan berbelok ke kiri, maka roda belakang ke kanan, tujuannya untuk menyamarkan pergerakan manuver dari penumpang,” ucap Dwi.

Secara tidak langsung, perpaduan kemudi depan dan belakang akan membuat manuver bus lebih mudah dan cepat tercapai.

Nah, itulah tiga rahasia kenyamanan bus dengan sasis Scania berdasarkan pengalaman pengemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com