Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Rosalia Indah Rilis Bus Baru Mewah, Ada 2 Kelas dalam 1 Bus

Kompas.com - 22/11/2023, 07:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Perusahaan otobus (PO) Rosalia Indah merilis unit baru model double decker atau bus tingkat. Kendaraan baru ini nantinya akan digunakan untuk layanan bus AKAP, hanya saja belum disebutkan untuk trayek mana. 

Bus tersebut hadir lebih elegan dan nampak seolah lebih tinggi mengunakan balutan bodi Avante D2 facelift buatan Karoseri Tentrem.   Secara spesifikasi, Avante D2 facelift memiliki dimensi 13.500 x 2.500 x 4.080 mm. Bodi ini diperkenalkan pertamakali pada ajang GIIAS 2023.

Sementara itu, bus ayar tersebut dibangun diatas sasis Scania K410 model tronton yang kerap menjadi andalan bus double decker.  

Baca juga: Hitung Pajak Tahunan Mobil Listrik MG4 EV

Kendaraan baru milik PO Rosalia Indah tersebut menawarkan dua kelas dalam satu bus. Pada dek bawah atau lantai pertama bus, terdapat layanan first class dengan kursi sleeper atau kursi model rebahan di area depan. Kursi tersebut berjumlah dua, tepatnya di belakang ruang kru bus. 

Sementara itu, pada area belakang kursi sleeper, merupakan kelas super top dengan kursi penumpang. Pada kelas ini, kursi penumpang hadir dengan sofa model reclining seat yang dilengkapi dengan legrest dan footrest konfigurasi 2-2. Untuk  seluruh kursi penumpang di lantai atas atau dek kedua juga menawarkan kelas super top konfigurasi 2-3 sama seperti di area bawah. 

Kabin bus baru PO Rosalia IndahInstagram @mass.arkan Kabin bus baru PO Rosalia Indah

Baca juga: Indonesia Bisa Jadi Negara Pembuangan Mobil Konvensional

Secara keseluruhan, kabin bus dirancang mewah dengan berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan penumpang. Misalnya seperti masing-masing kursi dilengkapi dengan AVOD meja lipat dan cup holder. Selain itu bus juga dilengkapi audio system dan juga toilet.

Adapun untuk desain ekterior bus masih menggunakan DNA dari bus Rosalia Indah yakni oranye kombinasi putih, kuning dan biru.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com