Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Mobil Terlaris November 2023, Kijang Innova Tinggalkan Avanza dan Brio | Ini 3 Rahasia Kenyamanan Bus Scania Milik PO Rosalia Indah

Kompas.com - 17/12/2023, 07:20 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.COM - Toyota Kijang Innova kembali jadi mobil terlaris di Indonesia pada November 2023, mengalahkan Toyota Avanza dan Honda Brio yang kerap mendominasi pasar lokal Diolah data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Torehan tersebut usai produk mobil keluarga 7-penumpang kelas menengah ini berhasil tampil konsisten di tengah gejolak pasar jelang akhir tahun. Tercatat, sebanyak 7.064 unit Kijang Innova yang berhasil terjual dari pabrikan ke diler. 

Selain itu, dewasa ini banyak bus antar kota antar provinsi (AKAP) menggunakan sasis Scania. Salah satunya bus double decker atau bus tingkat milik PO Rosalia Indah.

Perlu diketahui Scania berdiri pada 1891 di Swedia, memiliki visi “Driving the Shift towards a Sustainable Transport System” untuk menciptakan mobilitas lebih baik dalam mendukung bisnis, masyarakat, dan lingkungan.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 16 Desember 2023 :

1 Mobil Terlaris November 2023, Kijang Innova Tinggalkan Avanza dan Brio

Sebagai contoh Brio yang mencatatkan penjualan 5.381 unit. Meski masih mampu bertahan di partai atas, tapi volumenya lebih sedikit dari Oktober 2023 lalu yakni selisih 11,9 persen jadi 5.381 unit.

Contoh lainnya Toyota Calya, yang turun 9,7 persen secara bulanan dari 3.821 unit menjadi 3.450 unit.

Baca juga: Mobil Terlaris November 2023, Kijang Innova Tinggalkan Avanza dan Brio

2. Ini 3 Rahasia Kenyamanan Bus Scania Milik PO Rosalia Indah

Scania menjadi nyawa bus double decker Rosalia IndahKompas.com/Erwin Setiawan Scania menjadi nyawa bus double decker Rosalia Indah

Scania mengusung tiga prinsip utama, yaitu Energy Efficiency, Alternative Fuels & Electrification, dan Smart & Safe Transport. Pada 2004, PT United Tractors Tbk ditunjuk menjadi distributor tunggal Scania di Indonesia.

Baca juga: Ini 3 Rahasia Kenyamanan Bus Scania Milik PO Rosalia Indah

3. Alasan Kenapa Toilet Bus Bisa Digunakan Hanya Saat Jalan

Toilet bus GHTSInstagram @adiputro_official Toilet bus GHTS

Toilet sudah menjadi fasilitas wajib untuk bus antarkota antarprovinsi (AKAP), khususnya kelas eksekutif. Hampir semua perusahaan otobus (PO) menyediakan toilet untuk buang air kecil.

Baca juga: Alasan Kenapa Toilet Bus Bisa Digunakan Hanya Saat Jalan

4. Semua Varian Wuling Binguo EV Garansi Seumur Hidup, Waktu Terbatas

Wuling Binguo EVDok. Wuling Wuling Binguo EV

Wuling Motors memberikan garansi seumur hidup untuk Binguo EV. Awalnya, hanya tipe Premium Range saja yang mendapatkannya.

Pada periode pre-book, Wuling menawarkan Electric Icon Priority Pack dengan nilai Rp 47 juta, khusus bagi 1.000 konsumen pertama yang memesan varian 410 Km atau Premium Range.

Baca juga: Semua Varian Wuling Binguo EV Garansi Seumur Hidup, Waktu Terbatas

5. Mitsubishi Mulai Produksi Minicab MiEV di Indonesia, Namanya Berubah

Mitsubishi Motors resmi memproduksi Minicab L100 EV di Indonesia, Jumat (15/12/2023)dok.Mitsubishi Motors Mitsubishi Motors resmi memproduksi Minicab L100 EV di Indonesia, Jumat (15/12/2023)

Mitsubishi Motors Corporation (Mitsubishi Motors) mengumumkan telah memulai produksi Minicab EV (MiEV) yang merupakan kendaraan listik niaga kelas kei-car di Indonesia melalui PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).

Dinamakan Minicab L100 EV, langkah ini menandai produksi lokal pertama kendaraan listrik di luar Jepang. Dengannya diharapkan perusahaan mampu mendukung pemerintah RI untuk bisa mengakselerasi elektrifikasi kendaraan bermotor.

Baca juga: Mitsubishi Mulai Produksi Minicab MiEV di Indonesia, Namanya Berubah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com