Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Mitsubishi XForce dari Semarang sampai Yogyakarta

Kompas.com - 16/12/2023, 08:30 WIB
Aditya Maulana

Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan kesempatan kepada awal media otomotif untuk merasakan langsung performa dan keunggulan yang dimiliki Mitsubishi XForce

Dalam kesempatan kali ini, pabrikan otomotif asal Jepang itu menunjuk rute dari Semarang, Solo, dan Yogyakarta, dengan melewati beragam kondisi dan kontur jalan. Mulai tol, perkotaan, dan perdesaan.

Awak redaksi KOMPAS.com berkesempatan menguji dan duduk di jok pengemudi XForce saat dari rute Solo menuju ke Yogyakarta. Jalanan yang dilewati didominasi oleh perkotaan dan perdesaan dengan situasi macet dan juga kontur tanjakan dan turunan.

Baca juga: Mitsubishi Pajero Sport Rakitan Indonesia Segera Diekspor ke Australia

Selama mengemudi, setir XForce terasa enteng dan mudah dikendalikan, tapi saat kecepatan tinggi masih stabil. Kondisi itu tentunya sesuai dengan karakter Electric Power Steering yang semakin berat ketika mobil melesat kencang.

Secara performa, XForce dibekali mesin dengan kode 4A91 ini memiliki tenaga puncak mencapai 105 PS di 6.000 rpm dan momen puntir maksimal sampai 141 Nm pada 4.000 rpm. Akselerasi dan juga handling ketika mobil dipacu dalam kecepatan tinggi begitu responsif.

Test Drive Mitsubishi XForce di Solodok.MMKSI Test Drive Mitsubishi XForce di Solo

Terbukti ketika digeber di jalan bebas hambatan dengan kecepatan sampai di atas 140 kpj, pengendaliannya masih stabil.

Hanya saja untuk urusan suspensi dirasa sangat keras untuk ukuran SUV kompak. Ketika melaju di jalan yang kurang bagus atau melintasi polisi tidur bantingannya terasa kurang empuk.

Tetapi itulah yang dibutuhkan atau sesuai dengan karakter SUV, yang bisa melibas lebih banyak kontur jalan dibandingkan model lain. Poin positifnya adalah ketika diajak bermanuver dengan kecepatan tinggi, ayunannya membuat pengemudi dan penumpang merasa lebih nyaman.

"Setingan suspensinya memang dibuat keras, tapi itulah karakter dari mobil SUV sehingga ketika digunakan dalam kecepatan tinggi, mobil itu tetap stabil," ujat Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubsihi Indonesia.

Xforce dibekali dengan dapur pacu yang sama seperti pada Xpander. Namun,  sistem Continuous Variable Transmission (CVT) yang disematkan pada mobil ini ternyata cukup canggih karena bisa berubah secara otomatis.

Baca juga: Tahun Depan Mitsubishi Targetkan Produksi XForce Tembus 20.000 Unit

Sebagai contoh ketika pengemudi menginjak pedal gas hanya 50 persen, 60 persen, atau santai, maka akan membuat kurva yang flat. Jadi, tidak ada slip dan lainnya, sehingga mendapatkan rasio yang stabil.

Selanjutnya mengenai visibilitas ke samping kanan dan kiri, dan ke belakang, dirasa tidak ada masalah. Begitu pula dengan tombol-tombol yang ada di konsol tengah atau layar hiburan, semua masih dalam jangkauan pengemudi yang memiliki tinggi badan sekitar 178 cm.

Konsumsi BBM

Test Drive Mitsubishi XForce di Solodok.MMKSI Test Drive Mitsubishi XForce di Solo

Selama pengujian dengan rute Semarang-Solo-Yogyakarta, didapatkan hasil konsumsi BBM -mengacu pada informasi di MID, yaitu mencapai 25,6 km/liter untuk rute jalan tol. Rute dalam kota dari Solo-Yogyakarta dengan kondisi lancar dan macet tertulis di MID, yaitu 15,4 kpl dengan kecepatan rata-rata 25 kpj.

Penumpang yang ada di dalam mobil berjumlah empat orang dengan bobot yang berbeda-beda. Apabila dijumlahkan empat penumpang itu bisa mencapai 320 kilogram. Kondisi AC juga tetap menyala dengan suhu normal

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com