Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Sebut Marc Marquez Bisa Jadi Kandidat Masuk Tim Pabrikan

Kompas.com - 12/12/2023, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati biasanya mencari pebalap untuk tim pabrikan melalui tim satelitnya. Artinya, ada kemungkinan bagi Marc Marquez untuk masuk juga ke tim pabrikan.

Mulai musim depan, Marc akan masuk ke tim satelit Ducati, yakni Gresini Racing. Dia akan menjadi rekan setim dari Alex Marquez yang merupakan adik kandungnya.

Baca juga: Marquez Siap Terima Konsekuensi bila Gagal dengan Ducati

Marc hanya diberikan kontrak satu musim. Untuk musim 2025, ada kemungkinan mantan pebalap Repsol Honda ini akan berpindah ke tim lain, entah naik ke tim pabrikan atau pindah ke pabrikan lainnya.

Marc Marquez saat sesi tes Valencia MotoGP 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat sesi tes Valencia MotoGP 2024

Direktur Olahraga Ducati Corse Paolo Ciabatti, mengatakan, sebagai orang Ducati, menjadi kebanggaan luar biasa melihat seorang Marc Marquez berada di atas Desmosedici.

"Bagi kami semua, ini adalah pengakuan lebih lanjut atas pekerjaan yang kami lakukan, seperti halnya fakta bahwa Ducati saat ini adalah motor terbaik di MotoGP," ujar Ciabatti, dikutip dari Gpone.com, Selasa (12/12/2023).

Baca juga: Terungkap, Yamaha Tidak Mau Ada Nama Marquez di Timnya

Ciabatti mengatakan, Marc sudah jelas adalah seorang pemenang dan gelar juara dunia yang dimilikinya sudah membuktikan itu. Jika Marc memilih Ducati, itu berarti karena dirinya ingin menang lagi.

Ekspresi Marc Marquez usai mencoba Ducati Desmosedici GP23 untuk pertama kalinyaDok. MotoGP Ekspresi Marc Marquez usai mencoba Ducati Desmosedici GP23 untuk pertama kalinya

"Bagi kami semua, ini akan menjadi hal yang baru dan pada saat yang bersamaan situasi yang baru juga untuk diatasi," kata Ciabatti.

Semua pebalap Ducati pada akhir musim 2024 akan habis kontraknya, termasuk Francesco Bagnaia. Namun, juara dunia MotoGP dua kali berturut-turut itu diyakini akan memperpanjang kontraknya dengan Ducati.

Ekspresi Marc Marquez usai mencoba Ducati Desmosedici GP23 untuk pertama kalinyaDok. MotoGP Ekspresi Marc Marquez usai mencoba Ducati Desmosedici GP23 untuk pertama kalinya

Sementara bangku lainnya, akan menjadi perebutan antara Enea Bastianini, Jorge Martin, Marco Bezzecchi, dan pebalap Ducati lainnya, seperti Marco Bezzecchi dan Alex Marquez.

Tidak menutup kemungkinan pebalap Ducati yang baru, seperti Franco Morbidelli, Fabio Di Giannantonio, bahkan Marc, akan menjadi salah satu kandidat untuk tim pabrikan.

Baca juga: Dituduh Arogan di Jalan, Komunitas Avanza-Xenia Bikin Klarifikasi

Ducati Desmosedici GP23 tunggangan Marc Marquez di Gresini RacingTwitter @GresiniRacing Ducati Desmosedici GP23 tunggangan Marc Marquez di Gresini Racing

"Karena kita belum memutuskan pebalap untuk 2025, saya bisa bilang tanpa masalah bahwa Marc akan menjadi salah satu kandidat untuk tim pabrikan," ujarnya.

Namun, Ciabatti juga menyadari jika Marc masuk ke tim pabrikan, maka dia akan kehilangan aset berharga lainnya, seperti Martin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com