Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gigi Dall'Igna Menolak Marquez Masuk Tim Pabrikan Ducati

Kompas.com - 11/12/2023, 11:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap MotoGP Marc Marquez resmi bergabung dengan tim Gresini Racing pada musim mendatang. Rider asal Spanyol itu hanya menandatangani kontrak satu tahun bersama tim satelit Ducati.

Masa depan Marquez setelah musim 2024 pun menjadi perdebatan, termasuk kemungkinan memberi juara dunia 8 kali itu kontrak tim pabrikan Ducati.

Baca juga: Teknologi AdBlue yang Dipakai UD Truck buat Tekan Emisi

Terkait hal ini, General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna memastikan, Marquez tidak akan mendapat tempat di tim pabrikan Ducati. Sebab, saat ini tim pabrikan asal Italia itu sudah diisi oleh dua pebalap yang menjanjikan yakni Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini.

“Saat ini, kami memiliki begitu banyak pebalap dan semuanya terorganisir dengan baik sehingga alasan ini tidak dapat diajukan,” kata Dall'Igna, dikutip dari Crash, Senin (11/12/2023).

Bos Ducati Gigi Dall'Igna berada di box Circuit of The Americas pada sesi kualifikasi GP Americas, Sabtu (9/4/2016).GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP PHOTO Bos Ducati Gigi Dall'Igna berada di box Circuit of The Americas pada sesi kualifikasi GP Americas, Sabtu (9/4/2016).

“Saya akan mengatakan tidak. Anda tidak bisa berpikir untuk menempatkan Marquez di tim resmi,” lanjutnya.

Selain itu, kontrak setahun Marquez bersama Gresini Racing itu juga memunculkan sedikit kekhawatiran. Marquez bisa saja meninggalkan Ducati pada musim 2025 dengan membawa semua pengetahuan tentang Desmosedici.

“Kami tahu ada risikonya dan kami harus pandai mengelola ini dan kesulitan yang muncul dengan baik,” kata Dall'Igna.

Baca juga: Bakal Terjadi Kepadatan, Dishub DIY Ingatkan Jangan Parkir Liar

“Ini tidak pernah mudah, karena ketika Anda sudah memiliki dua pebalap dengan motor yang sama yang bersaing untuk Kejuaraan Dunia, itu tidak mudah, karena situasinya agak eksplosif. Tetapi untuk tahun depan kami harus berhati-hati dalam mengelola hubungan antara beberapa pembalap dengan baik,” lanjutnya.

Untuk diketahui, Marquez hanya menandatangani kontrak satu tahun bersama Gresini Racing, sehingga pada musim 2025 rider yang identik dengan nomor 93 itu berpeluang untuk mendapatkan tim baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com