Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Luar Negeri Sekarang Bisa Naik Bus DAMRI, Tarif Rp 300.000

Kompas.com - 07/12/2023, 12:32 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - DAMRI resmi mengumumkan peluncuran layanan baru Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) di Singkawang, Kalimantan Barat ke Kuching, Malaysia.

Pembukaan rute ini merupakan bagian dari langkah strategis DAMRI memperluas jaringan global. Selain itu juga diharapkan bisa memberikan pilihan transportasi bagi masyarakat dengan biaya yang relatif terjangkau.

Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Dadan Rudiansyah mengatakan, layanan DAMRI hadir sebagai bentuk solusi transportasi yang lebih terintegrasi dan nyaman buat masyarakat Indonesia maupun Malaysia.

Baca juga: DAMRI Siap Kerahkan Bus Listrik di IKN

DAMRI resmi buka layanan ALBN Singkawang-MalaysiaDOK. DAMRI DAMRI resmi buka layanan ALBN Singkawang-Malaysia

"Hadirnya layanan yang menghubungkan Singkawang dengan Kuching sebagai tanda kerja sama yang erat antara pemerintah Indonesia dan Malaysia melalui Forum Sosek Malindo," kata Dadan dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Kamis (7/12/2023).

Layanan baru DAMRI ini bersifat transit, alias penumpang akan berganti bus di Pambangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk. Perjalanan dilanjutkan dengan Bus Biara Mas yang telah bekerja sama dengan DAMRI.

“Hal ini (transit) tidak hanya mempercepat proses lintas batas, tetapi juga meningkatkan kenyamanan pelanggan melakukan aktivitas perjalanan lintas batas negara,” ucap Dadan.

Baca juga: Daftar Harga LCGC Baru Jelang Akhir Tahun, mulai Rp 134 Juta

DAMRI juga berupaya ke depannya ALBN tersebut bisa dioperasikan secara direct service, tak lagi transit. Jadinya nanti membuat konsumen semakin nyaman dan bisa bersaing dengan layanan lintas batas negara lain.

“Dengan komitmen ini, DAMRI berupaya memberikan layanan langsung, efisien, dan nyaman bagi masyarakat kedua negara. Melalui direct services, perjalanan antara Singkawang dan Kuching akan menjadi lebih efektif, mengurangi waktu tempuh, dan meminimalkan perpindahan antar bus,” harap Bapak Dadan.

Untuk rute perjalanan yang dilayani adalah Singkawang – Kuching via Sambas – PLBN Aruk – Border Biawak – Lundu. Jadwal operasional dari Singkawang dengan titik keberangkatan di Singkawang Grand Mall tersedia pukul 06.00 WIB, sedangkan dari Kuching dengan titik keberangkatan di Kuching Central Terminal tersedia pukul 10.00 waktu setempat.

Tarif yang berlaku untuk layanan ini sebesar Rp 300.000 atau RM 100. Armada yang dikerahkan tersedia untuk layanan kelas eksekutif dengan kapasitas 34 seat. Frekuensi keberangkatan harian, kini masyarakat akan dengan mudah terhubung ke berbagai destinasi utama di wilayah Malaysia.

Masyarakat dapat mengakses DAMRI Apps untuk melakukan pemesanan tiket perjalanan ALBN yang dapat diperoleh di Google Play Store atau Apps Store secara mudah, praktis, dan cepat. Adapun, bila ada pertanyaan lebih lanjut masyarakat dapat menghubungi WhatsApp layanan CS di 0811-2110-0825.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com