Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peremajaan Bus Bandara DAMRI, Pakai Unit Medium Super Nyaman

Kompas.com - 01/12/2023, 19:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum DAMRI secara bertahap mengganti armada bus khusus untuk angkutan Bandara Soekarno Hatta. Tentu bus yang bagus, membuat penumpang nyaman dalam perjalanan ke dan dari bandara.

Dadan Rudiansyah, Direktur Komersial dan pengembangan Usaha DAMRI mengatakan, peremajaan unit saat ini memang fokus untuk angkutan bandara dahulu, mengingat operasionalnya sangat sibuk, jadi butuh bus yang kondisinya baik.

“Selain untuk peningkatan layanan kepada pelanggan, peremajaan armada dan penambahan headway keberangkatan dari dan menuju Bandara Soekarno Hatta dari beberapa titik keberangkatan diharapkan dapat mendorong peningkatan ekonomi karena akses pergerakan penumpang bisa terlayani dengan cepat,” kata Dadan dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Jumat (1/12/2023).

Baca juga: Kendala DAMRI Mengoperasikan Angkutan Perintis di Indonesia

Bus bandara terbaru dari DAMRIDAMRI Bus bandara terbaru dari DAMRI

Saat ini, DAMRI meremajakan 98 unit bus, modelnya medium dengan kapasitas 19 tempat duduk. Bangkunya disusun dua kanan dan satu kiri, sehingga cukup lega dan bisa menyimpan barang karena jarak antar bangku yang lega.

Fitur yang disematkan pada bus bandara ini di antaranya bangku yang bisa direbah, tempat mengecas, dan rak barang. Jadi tidak perlu khawatir kedapatan bus yang kurang baik kondisinya.

Bus baru ini akan resmi beroperasi pada 1 Desember 2023 untuk rute Angkutan Bandara Soekarno Hatta:

1. Gambir – Bandara Soekarno Hatta
2. Rawamangun – Bandara Soekarno Hatta
3. Blok M – Bandara Soekarno Hatta
4. Bekasi Barat – Bandara Soekarno Hatta
5. Bekasi Timur – Bandara Soekarno Hatta
6. Harapan Indah – Bandara Soekarno Hatta
7. Tanjung Periok – Bandara Soekarno Hatta
8. Kampung Rambutan – Bandara Soekarno Hatta
9. Lebak Bulus/Poins Square – Bandara Soekarno Hatta
10. Cikarang – Bandara Soekarno Hatta
11. Pasar Minggu – Bandara Soekarno Hatta
12. Serpong – Bandara Soekarno Hatta.

Secara tampilan memang masih sama dengan bus DAMRI kebanyakan, kelir putih dengan logo DAMRI biru dan ada panah biru dan kuning.

Baca juga: Irjen Firman Shantyabudi Pensiun, Aan Suhanan Ditunjuk Sebagai PLH Kakorlantas


DAMRI tetap memprioritaskan armada handal yang dapat memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Selain itu, DAMRI juga akan mengevaluasi kinerja armada baru ini setelah resmi beroperasi pada 1 Desember 2023.

Dadan menjelaskan Perusahaan tengah fokus untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan perjalanan bus dengan memacu peremajaan armada.

“Target kita di tahun 2023 ini adalah peremajaan bus dengan tujuan menyediakan unit yang modern dan berbasis teknologi,” kata Dadan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com