Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditlantas Polda Jateng Uji Coba ETLE Drone di Brexit

Kompas.com - 05/12/2023, 14:31 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Jateng dan Satlantas Polres Brebes, melakukan uji coba penggunaan sistem electronic traffic law enforcement (ETLE) drone di Jalur Pantura Kota Brebes, tepatnya di pertigaan Brexit, Senin (4/12/2023).

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan, uji coba ETLE drone baru berlangsung di Jawa Tengah.

Baca juga: Chery Percaya EV Bakal Berkembang Sampai ke Desa

“Sementara baru di Jateng,” ujar Agus dikutip dari Kompas.com, Selasa (5/12/2023).

Penerapan ETLE Drone ini menyusul arahan dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit terkait larangan penilangan manual kepada pelanggar lalu lintas.

Anggota Ditlantas Polda Jateng menerbangkan drone untuk merekam pelanggaran lalu lintasKOMPAS.com/Dian Ade Permana Anggota Ditlantas Polda Jateng menerbangkan drone untuk merekam pelanggaran lalu lintas

Dilansir dari NTMC Polri, Kasi Gar Subdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, Kompol Indra Hartono mengatakan, pihaknya melaksanakan monitoring dan evaluasi penegakan hukum di sejumlah kota di Jawa Tengah.

“Jadi kita bisa melihat apa yang menjadi kendala dihadapi pihak kepolisian saat bertugas saat menggunakan ETLE mobile drone,” ujar Indra Hartono, didampingi Kanit Gakkum Satlantas Polres Brebes Ipda Indra Prasetyo.

Indra mengatakan, penggunaan ETLE drone ini sangat efektif untuk memantau pelanggar lalu lintas di jalan raya, seperti pengendara yang tidak mengenakan helm atau pengemudi mobil tidak menggunakan sabuk pengaman.

Baca juga: Kemenhub Sediakan 90 Bus dan 4 Truk Untuk Mudik Gratis Nataru 2023

 

Kasat Lantas Polres Salatiga AKP Suci Nugraheni mencoba mengoperasikan pesawat droneKOMPAS.com/Dok. Humas Polres Salatiga Kasat Lantas Polres Salatiga AKP Suci Nugraheni mencoba mengoperasikan pesawat drone

“Dari dua menit pemantauan ETLE drone, bisa terlihat ada dua puluh pelanggar lalu lintas yang ditemukan di Brexit,” ujar Indra Hartono.

Hasil sosialisasi penggunaan ETLE drone beberapa bulan di wilayah Polda Jateng, Hartono mengatakan sangat efektif, karena mudah menemukan pelanggar lalu lintas dan tidak perlu berinteraksi langsung, sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat lainnya.

“Selain efektif menemukan pelanggar lalin, saat penegakan hukum dilakukan tidak mengganggu pengguna jalan yang melintas,” jelas Indra Hartono.

Baca juga: Pahami Perbedaan ETLE Mobile dan ETLE Statis

Untuk rencana penerapan tilang ETLE drone, mulai dilaunching da diterapkan Polda Jateng pada Operasi Lilin mendarang.

Diharapkan dengan pemberlakukan ETLE drone bisa mengurangi pelanggaran lalu lintas dan menekan angka kecelakaan di jalan raya pada saat libur hari Natal dan Tahun Baru 2024.

“Kami telah menyiapkan 6 drone dengan pilot-pilot yang terlatih dalam menggunakan drone saat operasi digelar,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com