Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Metro Tambah 70 Titik Kamera ETLE sampai Desember 2023

Kompas.com - 14/11/2023, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Polda Metro Jaya bersama Pemprov DKI Jakarta mulai menambah pengadaan 70 ETLE tambahan di beberapa ruas jalan Jakarta. Penambahan lokasi ETLE rencananya bakal rampung pada akhir tahun.

“Yang 70 (kamera ETLE). Sudah mulai dipasang. Desember ini udah selesai semua,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, disitat dari NTMC Polri, Senin (13/11/2023).

Latif belum merinci titik mana saja yang sudah terpasang ETLE. Rencananya, pengadaan ETLE tambahan tersebut akan bisa dioperasikan pada Januari 2024.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Penggerak Depan Tak Kuat Nanjak

ETLE MobileKompas.com/Nanda ETLE Mobile

Ia juga mengatakan, ETLE tambahan tersebut dipasang di beberapa ruas jalan yang sering terjadi pelanggaran, termasuk para pengendara yang lawan arah. Salah satu yang bakal diperhatikan adalah jalan layang non-tol (JLNT) Casablanca.

“Memang kan perlu pengadaan jalur itu, banyak pelanggaran yang perlu kita awasi itu. Ke depan kita evaluasi, ya kita maksimalkan ETLE mobile memang,” ucap Latif.

Sejauh ini, sudah ada 98 titik ETLE yang tersebar di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Dengan rincian 12 kamera ETLE statis berada di Jalan Sudirman dan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Sebanyak 45 kamera ETLE statis sepanjang jalan Kota Tua hingga Senayan.

Baca juga: Kymco Skytown Meluncur, Calon Pesaing Honda PCX dan Yamaha NMAX

Selain itu, sebanyak 41 kamera ETLE statis juga terpasang di beberapa wilayah sekitar, mulai Depok, Cibubur, Cikarang. Tak hanya di jalan nasional, kamera juga terpasang di jalan tol, jalan arteri, hingga koridor busway.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, mengatakan, pengadaan kuantitas ETLE ini diharapkan bisa meningkatkan pemantauan pelanggaran lalu lintas.

Dia juga menegaskan hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

“Polri berupaya menumbuhkan kedisiplinan dan kesadaran hukum dalam berkendara hingga menjadi budaya yang baik, terutama merealisasikan budaya anti koruptif,” ucap Trunoyudo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com