Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Volvo Tidak Jual Sedan di Indonesia

Kompas.com - 04/12/2023, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sebelumnya hengkang pada 2017, Volvo Cars kembali hadir di industri otomotif Indonesia pada Agustus 2023 lalu.

Pabrikan asal Swedia ini langsung menjual empat kendaraan elektrifikasi, yakni XC40 electric vehicle (EV), XC90 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), XC60 PHEV dan XC40 PHEV.

Jika diperhatikan, semua lini produk yang ditawarkan oleh Volvo saat ini berjenis sport utility vehicle (SUV). Hal ini tentu sedikit berbeda dengan citra Volvo sebagai brand premium yang biasanya menawarkan mobil berjenis sedan.

Baca juga: Jangan Lupa Isi Saldo, Hari Ini Tarif Tol JORR, ATP, dan Pondok Aren-Ulujami Naik

Lantas, mengapa Volvo hanya menjual kendaraan berjenis SUV di Indonesia?

Menjawab hal ini, Haryanto Djayaputra, GM Operations Volvo Cars Indonesia mengatakan, saat ini lini produk Volvo memang lebih mengarah ke segmen SUV.

Generasi terbaru S90 sudah menggunakna platform global terbaru Volvo Cars.Agung Kurniawan/KompasOtomotif Generasi terbaru S90 sudah menggunakna platform global terbaru Volvo Cars.

“Sebenarnya tidak hanya untuk Indonesia, tetapi negara lain juga mulai mengarah ke SUV,” ucap pria yang akrab disapa Toto, saat ditemui di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Menurut Toto, ini dikarenakan mobil berjenis SUV memiliki kegunaan yang lebih luas dibandingkan mobil sedan.

Baca juga: Daftar Motor Listrik Subsidi per Desember 2023, Ada 39 Model

“Karena yang pertama dari ground clearance (lebih tinggi) dan kegunaan suv lebih luas dibanding sedan. Sedan tetap ada, tapi lebih mengarah ke SUV,” ucap Toto.

Sebelumnya, pabrikan asal Swedia ini terkenal dengan mobil sedan Volvo 960 produksi 1991. Mobil ini sempat menjadi kendaraan menteri pada era orde baru. Namun, saat ini kendaraan jenis sedan sudah tidak dipasarkan di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com