Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Layanan Sleeper Bus AKAP dari Berbagai PO

Kompas.com - 28/11/2023, 18:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan bus AKAP segmen sleeper bus saat ini menjadi tren di dunia transportasi umum. Bahkan, berbagai PO menunjukan persaingan layanan sleeper bus dengan keunggulan masing-masing. 

Biasanya, sleeper bus AKAP yang diberikan oleh punya daya tarik yang berbeda-beda. Bahkan, trayek, fasilitas dan harga tiket yang diberikan juga berbeda-beda.

Namun secara garis besar desain  kabin sleeper bus dari setiap PO biasanya jauh lebih mewah dari layanan kelas lainnya. 

Berikut Kompas.com rangkum perbandingan layanan bus sleeper AKAP dari berbagai PO di Indonesia: 

1. PO Indorent

Kabin bus PO IndorentIndorent Kabin bus PO Indorent

Sleeper bus dari PO Indorent hadir dalam unit model double decker atau bus tingkat yang disebut First Class. Layanan ini terdiri dari kursi sleeper konfigurasi seat 1-1 yang berada pada deck bawah bus saja.

Untuk area belakang dek bawah dan seluruh kursi dek atas merupakan layanan kelas yang berbeda. Maka dari itu kursi sleeper di bus Indorent hanya pada area depan dek bawah saja.

Saat ini bus AKAP dari PO Indorent melayani rute Jakarta - Yogyakarta dan Jakarta - Solo atau sebaliknya. Berdasarkan website resminya, harga tiket untuk kursi First Class Jakarta - Yogyakarta dan Jakarta - Solo dibanderol adalah Rp 450.000.

Agar penumpang lebih nyaman, bus juga dilengkapi oleh toilet yang posisinya di area tegah dek bawah. Fasilitas toilet ini hanya memperbolehkan penumpang untuk buang air kecil saja dan pada saat bus sedang berjalan. 

Bangku penumpang model selonjoran pada PO Indorent dibuat senyaman mungkin bagi penumpang dengan berbagai fitur yang disematkan.

Bahkan, agar penumpang lebih privasi, kursi penumpang dibuat selayaknya kamar dengan pintu model geser. Setiap kamar atau kursi dilengkap selimut, bantal, guling, cemilan, Wifi, layanan makan khusus, USB Plug, android entertainment system, dan layanan pramugara atau pramugari. 

Baca juga: Tertarik Ubah Avanza Jadi VW Kodok? Segini Biayanya

2. PO Sinar Jaya

PO Sinar Jaya kelas eksekutifKOMPAS.com/ SELMA AULIA PO Sinar Jaya kelas eksekutif

PO Sinar Jaya juga turut punya layanan sleeper bus untuk mengisi beberapa trayek bus AKAP. Misalnya seperti rute Solo-Jakarta yang dibanderol dengan tarif Rp 335.000.

Kabin bus ini punya kapasitas 22 orang penumpang yang semuanya hadir dengan model bangku selonjoran.

Seluruh bangku menggunakan model sleeper seat dengan konfigurasi 1-1 yang punya dua tingkat. Jok dirancang agar penumpang bisa rebahan dengan nyaman menggunakan busa berbalut perpaduan kain bludru dan kulit yang membuat kabin terasa mewah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com