Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Beli MINI Cooper Seken, Coba Periksa Bagian Ini

Kompas.com - 28/11/2023, 14:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - MINI Cooper merupakan salah satu mobil yang cukup populer di bursa mobil bekas. Namun buat yang tertarik pastikan mendapat mobil kondisi bagus supaya tidak rewel di kemudian hari.

Cliff, pemilik bengkel spesialis MINI Klinik Indonesia (MKI) di Fatmawati, Jakarta Selatan, mengatakan, setidaknya ada tiga hal yang mesti diperhatikan bila ingin meminang MINI Cooper seken, yaitu mesin, eksterior dan kaki-kaki.

Baca juga: Ini Biaya Sewa Volkswagen untuk Properti Foto di Semarang

Mini Cooper 5-Door 2021Kompas.com/Adityowisnu Mini Cooper 5-Door 2021

"Secara umum kalau kita awam kita pertama dengarkan suara mesin, kita pasti tahu suara mesin berisik atau halus," kata Cliff yang ditemui Kompas.com, di Jakarta, Senin (27/11/2023).

"Kemudian eksterior lihat cat lihat eksterior. Cuma kalau mau repot sedikit cek kaki-kaki MINI lihat apakah baut-baut ada karat atau tidak. Kalau ada bekas karat, maka itu jadi pertanyaan," ujarnya.

Tak lupa kata Cliff, hal yang mesti dilakukan calon pembeli sebelum meminang MINI Cooper seken ialah jejak rekam servis.

Baca juga: Ragam Fitur Baru yang Jadi Modal Terios Facelift

Mobil New Mini Cooper Countryman rakitan lokal terlihat di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Kamis (6/9/2018). Edisi pertama yang dirakit terdiri dari dua varian, yakni MINI Cooper Countryman dan New MINI Cooper S Countryman Sports.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Mobil New Mini Cooper Countryman rakitan lokal terlihat di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Kamis (6/9/2018). Edisi pertama yang dirakit terdiri dari dua varian, yakni MINI Cooper Countryman dan New MINI Cooper S Countryman Sports.

"Kemudian cek servis record di diler resmi, tapi di kita juga bisa, karena di kita ada kerjasama dengan Tunas BMW, kita terintergasi satu Indonesia dan berlaku juga untuk diler lain," ujarnya.

Bila benar-benar awam dan takut tertipu barang yang kurang bagus, Cliff mengatakan, bawa saja mobil yang akan dibeli ke bengkel.

"Kalau mau main MINI bisa general check up di kita kita lakukan 360 derajat itu sudah pasti," kata Cliff.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com