Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan VW Menolak Jualan Sedan di Indonesia

Kompas.com - 20/11/2023, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Volkswagen alias VW merupakan salah satu merek mobil Eropa yang hadir di Indonesia. Tapi berbeda dengan rekan lain asal Jerman, semisal Mercedes-Benz, BMW dan Audi, VW tak punya jajaran sedan.

Keputusan VW yang hadir tanpa model sedan cukup menarik. Sebab mobil-mobil Eropa dikenal sebagai mobil mewah atau luxury yang selama bertahun-tahun diwakili oleh citra mobil sedan.

Baca juga: Hasil Klasmen Usai MotoGP Qatar 2023 - Bagnaia Selangkah Lagi Jadi Juara Dunia

Dilansir dari laman resmi perusahaan, jajaran model VW di Indonesia saat ini hanya ada tiga yaitu All New Tiguan Allspace, Golf GT dan T-Cross. Artinya line up VW di Indonesia dua berada di segmen SUV dan satu lagi hatchback.

VW JettaFoto: VW VW Jetta

Padahal di luar negeri VW punya model sedan yang cukup terkenal yaitu VW Arteon dan Jetta termasuk Jetta GLI.

Ahmad Badawi, National Sales Manager PT Garuda Mataram Motor (GMM), agen tunggal pemegang merek (APM) VW di Indonesia, mengatakan, alasan VW Indonesia tidak memasukkan sedan karena pasarnya kecil.

"Kita masih belum. Karena terus terang, kita perlu banyak pertimbangan karena marketnya VW sedan tidak banyak," kata Ahmad yang ditemui di BSD City, Tangerang, belum lama ini.

"Kalau (penjualan) kita sudah banyak dari keluarga kita yang sudah masuk," ujarnya.

Baca juga: Isuzu Masih Belum Yakin Bawa Truk Listrik ke Indonesia


Diakui pasar mobil sedan di Indonesia kecil bila dibandingkan mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV).

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pangsa pasar sedan di Indonesia pada kuartal tiga 2023 hanya 1 persen untuk kategori wholesales (pabrik ke diler) dan 0,9 persen untuk kategori retail.

Merek otomotif yang masih konsisten dan bisa mendapat penjualan cukup bagus di sedan mayoritas merupakan pabrikan Eropa seperti BMW dan Mercedes-Benz, kemudian ada Audi dan Morris Garage (MG).

Sisanya diserap merek Jepang yang juga sudah puluhan tahun meramaikan pasar sedan meski porsinya merosot karena meingkatnya tren SUV seperti Toyota, Honda, Lexus, Mazda, dan Subaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com