Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Qatar 2023: Di Giannantonio Juara, Bagnaia Runner-up

Kompas.com - 20/11/2023, 00:45 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Gresini Racing Fabio Di Giannantonio berhasil menjadi juara pada MotoGP Qatar 2023, di Sirkuit Losail, Senin (20/11/2023) dini hari. Francesco Bagnaia harus puas jadi runner-up setelah disusul pada 3 lap terakhir setelah mendominasi sepanjang balapan.

Peringkat ketiga ada Luca Marini, dan disusul Maverick Vinales. Jorge Martin penantang juara dunia MotoGP 2023 antiklimaks, tercecer di posisi sepuluh.

Hasil tersebut membuat pebalap Ducati Lenovo Team ini lebih dekat dengan juara dunia MotoGP 2023. Mengingat laga hanya tersisa dua putaran lagi yang berakhir di GP Velencia pada 26 November 2023 mendatang.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Qatar 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Qatar 2023

 

Baca juga: Klasemen MotoGP 2023 Usai Sprint Race Qatar, Martin Makin Ancam Bagnaia

Jalannya balapan

Sejak awal balapan, Francesco Bagnaia yang memulai laga dari urutan ke-5 langsung melesat mengambil posisi teratas mendahului Luca Marini dan Fabio Di Giannantonio.

Alex Marquez yang awalnya berada di posisi ke-3 pun tampak terkejut dengan laju Pecco, julukan Bagnaia. Menyadarinya, ketiga pebalap terkait langsung ikut tarik gas mengejar laju juara dunia MotoGP 2022 tersebut.

Sementara pesaing terdekatnya, Jorge Martin tampak gagal berakselerasi dengan sempurna, membuat posisinya langsung merosot hingga ke peringkat delapan. Padahal dirinya memulai balap dari posisi yang cukup menjanjikan yakni urutan ke-4 sehingga sangat dekat untuk masuk partai depan.

Dengan kondisi itu, membuat pebalap Pramac Racing tersebut harus berjuang sangat keras karena diapit oleh Brad Binder, Marc Marquez, serta Maveric Vinales supaya bisa kembali bersaing merebut podium.

Tiga putaran berlangsung, Bagnaia semakin menjauh dari para pesaingnya. Bahkan Di Giannantonio yang berusaha menyusul dari posisi ke-2 masih terjaga 0,5 detik dan 0,7 detik dengan Binder.

Sedangkan Martin yang tengah berusaha sekuat tenaga mengejar kesalahannya di awal balap selisih 1,3 detik untuk bisa masuk lima besar. Posisi lima sendiri ditempati Marini.

Tersisa 15 putaran atau tepat lap ke-7, urutan balap MotoGP Qatar 2023 belum ada perubahan. Di mana, Bagnaia masih menjaga jarak dengan baik dari Di Giannantonio dan Binder.

Baca juga: Honda Optimistis Brio Kembali Jadi Mobil Terlaris di Indonesia

Namun, Marc Marquez yang bertekad mencetak kenangan manis bersama Repsol Honda di musim terakhirnya tahun ini mulai agresif. Ia mengancam posisi Martin yang sedang mencari cara agar masuk partai atas walau selisih 2,2 detik.

Memasuki putaran ke-10, usaha Di Giannantonio mulai nampak membuahkan hasil. Kini jaraknya dengan Bagnaia hanya 0,2 detik saja. Sementara Binder mulai menerima perlawanan Alex Marquez mempertahankan posisi ke-3.

Pada partai tengah, persaingan antara Maverick Vinales, Fabio Quartararo, Martin, dan Marc Marquez juga mulai memanas. Namun di tikungan ke-3, Marquez dibalap oleh Jack Miller yang mengendap dari belakang.

Terisa enam putaran, Bagnaia semakin menjanjikan untuk menempati podium pertama di MotoGP Qatar 2023 bersama Di Giannantonio. Sebab keduanya selisih sangat jauh dengan Binder, yakni sekitar 4 detik.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com