Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor Lap Time Honda Jazz di Sentul Dipatahkan City Hatchback

Kompas.com - 19/11/2023, 17:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Sejak meluncur pada 2021, City Hatchback telah menggantikan Honda Jazz di kelas hatchback 1.500 cc. Semenjak itu pula balap satu merek Honda Jazz diganti dengan ajang One Make Race Honda City Hatchback RS Speed Challenge.

Kemunculan City Hatchback sempat membuat ragu para penggemar Honda. Apakah mobil baru ini bisa mengalahkan popularitas Jazz di kalangan balap?

Namun keraguan itu sudah terjawab, dengan rekor lap time alias catatan waktu di Sirkuit Sentul. Di mana City Hatchback meraih hasil lebih cepat dibandingkan Honda Jazz.

Baca juga: Tol Cijago Telah Rampung, Total Panjang 14,64 Km

One Make Race Honda City Hatchback RS Speed Challenge disambut antusias para pebalap HPM One Make Race Honda City Hatchback RS Speed Challenge disambut antusias para pebalap

“Kalau untuk lap time Honda City Hatchback ini memang lebih cepat dibanding Honda Jazz,” ujar Alvin Bahar, Direktur Tim Honda Racing Indonesia (HRI) di Sirkuit Sentul (19/11/2023).

Meski begitu, Alvin mengatakan bahwa perbandingan catatan waktu kedua mobil sebetulnya tidak apple to apple, karena kondisi trek dan regulasi yang berbeda.

“Pertama dari sisi trek, waktu masih balap Honda Jazz, trek tidak seperti sekarang. Kedua, regulasinya yang Honda City Hatchback sekarang memang ban sedikit lebih bagus, tapi minimum weight-nya lebih berat,” ucap Alvin.

Lap time record seingat saya 1 menit 53,08 detik. Jazz sekitar 1 menit 54 detik, tapi dengan regulasi ban yang berbeda. Plus minus sih, bannya sekarang lebih bagus, tapi mobilnya lebih berat,” kata dia.

Baca juga: Kakorlantas Kepincut Suzuki V-Strom 250SX, Bakal Jadi Motor Dinas?

Ajang Honda City Hatchback RS Speed Challenge (HCHSC) 2023

Rio SB berhasil keluar sebagai juara umum ajang balap One Make Race (OMR) HCHSC tahun 2023 pada putaran keenam ISSOM di Sirkuit Internasional Sentul, kabupaten Bogor pada Minggu (19/11/2023).

Rio SB merupakan pembalap dari tim P Five Racing Indonesia berhasil menjadi juara umum ajang balap OMR HCHSC musim kedua.

Rio SB juga sebelumnya telah membalap di kelas Master sejak tahun 2010 menggunakan mobil balap Honda lainnya seperti Honda Jazz.

Baca juga: Trik Curang Oli Transmisi Dijadikan Pelumas Mesin

Final Round One Make Race Honda Brio dan City Hatchback RS tahun 2023Dok. HPM Final Round One Make Race Honda Brio dan City Hatchback RS tahun 2023

Pertandingan OMR HCHSC musim 2023 menyajikan pertandingan yang sengit dalam penentuan peringkat kedua dan ketiga dimana peringkat tersebut ditentukan pada seri akhir.

Kemudian Honda juga mengumumkan para pemenang untuk kategori spesial. Salah satunya Pradana Adi Wilianto, yang berhasil meraih penghargaan khusus High Sportsmanship sepanjang musim balap tahun 2023.

Lalu, pemenang kategori Team of The Year dimenangkan oleh P Five Racing Team, kategori Rising of The Year dimenangkan oleh Akheela Chandra, kategori Promotion of The Year dimenangkan oleh Daffa, dan kategori Fastest Lap of The Year dimenangkan oleh Rio SB.

Adapun untuk kategori Most Improved Laptime dimenangkan oleh M. Wildan Rizkyansha serta kategori Most Improved Position dimenangkan oleh Raffa Mafud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com