Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Musim Hujan, Jangan Abaikan Perawatan Bodi Mobil

Kompas.com - 15/11/2023, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi cuaca yang mulai berubah di akhir tahun, menuntut pemilik mobil untuk melakukan ekstra perawatan. Terutama untuk menjaga penampilan eksterior.

Perubahan dari teriknya panas matahari yang menyengat sampai hujan yang mulai rutin, membuat mobil rentan terhadap kotoran. Kondisi ini berpotensi membuat eksterior mobil terserang penyakit yang membuat cat terlihat kusam.

Untuk mengatasi hal tersebut, Sugiarto Ongko, CEO Scuto Indonesia mengatakan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan pemilik mobil. Paling utama tentunya menjaga bagian eksterior seperti bodi dan cat.

"Jangan biarkan air hujan meninggalkan noda. Segera bilas dan bersihkan setelah hujan. Poles bodi bisa melindungi cat mobil untuk kondisi panas dan hujan," kata Sugiarto dalam keterangan resminya, Rabu (15/11/2023).

Baca juga: Mulai Sering Hujan, Jaga Bodi Mobil Agar Tetap Kinclong

Sugiarto menjelaskan, proses pemolesan bodi baiknya tidak dilakukan pada cuaca panas ataupun terkena cahaya matahari langsung. Aplikasi sederhana bisa menggunakan wax cair, seperti Scuto Liquid Wax.

Ilustrasi mencuci mobil, usaha cuci kendaraan. SHUTTERSTOCK/OLGA ALPER Ilustrasi mencuci mobil, usaha cuci kendaraan.

Cara penggunaanya sangat mudah, cukup disemprotkan ke permukaan cat, kemudian di lap dengan rata menggunakan kain microfiber. Tak hanya melindungi, hasilnya juga akan membuat wetlook dan meningkatkan kilap pada cat mobil.

Tak hanya bodi, kaca juga jadi sektor yang rentan terkena jamur kaca. Untuk pembersihan paling mudah bisa menggunakan sabun cair cuci piring, tapi jangan sampai mengenai bodi kendaraan.

Raymundus Arief, Chief Strategy Officer Scuto Indonesia mengatakan, baiknya pemilik mobil menghindari penggunaan obat jamur kaca yang beredar di luar.

"Dikarenakan kadar kimia yang beragam pada setiap produk, jika digunakan dengan tidak tepat maka dapat menyebabkan kaca terbakar atau rusak," kata Raymundus.

Baca juga: Penjualan Mobil dan Motor Bakal Semakin Moncer, Ini Indikatornya


Bagian lain yang tak kalah penting diperhatikan adalah wiper, komponen krom, dan sektor pelek. Sebisa mungkin perawatan dilakukan dengan benar dan bila ingin cara yang lebih baik, bisa menggunakan proteksi melalui Nano Ceramic Coating yang disediakan Scuto Indonesia.

Seperti diketahui, Scuto Indonesia resmi diperkenalkan sejak 2011 dan memiliki komitmen tinggi meningkatkan industri otomotif di Tanah Air. Pembuktiannya tak sekadar dari ragam inovasi dan layanan yang diberikan, tapi juga ragam prestasi lain.

Baru-baru ini, Scuto Indonesia meraih penghargaan bergengsi dari Superbrands Awards 2023 untuk kategori Car Salon. Prestasi jadi kebanggaan tersendiri karena dapat meraihnya secara berturut-turut selama empat tahun.

"Penghargaan spesial Superbrands 2023 dalam kategori Car Salon sekaligus menjadi tahun ke-4 bagi Scuto Indonesia sejak tahun 2020, 2021, 2022 dan tahun 2023 ini. Inilah bukti konsistensi Scuto Indonesia dalam memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen di Indonesia," ujar Sugiarto.

Scuto Superbrands 2023Scuto Scuto Superbrands 2023

Menurutnya, pencapaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim Scuto Group dan membuktikan bahwa Scuto dapat diterima dan dipercaya pemilik kendaraan di Indonesia untuk perawatan dan proteksi kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com