Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Metro Jaya Ingin Cetak Polisi Jago Bawa Motor

Kompas.com - 10/06/2023, 15:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya menggelar Lomba Ketangkasan Bermotor Kapolda Cup 2023 di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Sabtu, 10 Juni 2023, untuk menyambut Hari Bhayangkara ke-77.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto, berharap lomba ketangkasan mengendarai sepeda motor ini akan melahirkan petugas dengan kemampuan tinggi. Sebab keahlian berkendara juga merupakan bagian dari pengamanan.

Baca juga: Jangkau Pasar di NTT, Suzuki Tambah Jaringan Penjualan Baru

"Penyelenggaraan lomba ketangkasan bermotor Kapolda Cup 2023 ini dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara Ke-77 yang puncaknya jatuh pada 1 Juli mendatang. Ini sebuah ide yang cemerlang. harus dibarengi niatnya sehingga menjadi sempurna," kata Kapolda di Jakarta, Sabtu (10/6/2023).

Lomba ketangkasan bermotor polisi Polda Metro JayaIST Lomba ketangkasan bermotor polisi Polda Metro Jaya

"Maka kita berharap dari perlombaan ini akan melahirkan insan-insan Bhayangkara sejati yang memiliki inter prosedur dan skill (kemampuan) yang tinggi, yang mendukung perwujudan transformasi menuju Polri yang presisi," katanya.

Kapolda mengatakan, tugas dan peran polisi di era digital seperti sekarang ini semakin kompleks. Polisi tidak hanya menjalani peran sebagai penegak hukum dan pemeliharaan ketertiban masyarakat.

"Namun polri berperan his job and duty, dalam menjalani peran-peran lain yang begitu besar dan sering mendesak. Di sisi lain banyak mata dan banyak kamera di mana mana, yang 24 non stop mengawasi kinerja polisi," katanya.

"Jadikan momentum peringatan HUT Bhayangkara ini untuk meningkatkan kreativitas intelektual serta keterampilan," kata Kapolda.

Baca juga: Ingat, Spion Motor Bukan Buat Ngaca

Voorijder rombongan presiden Joko Widodo terpeleset saat melintasi jalan becek di Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jumat (10/3/2023)Dok. Tangkapan layar Voorijder rombongan presiden Joko Widodo terpeleset saat melintasi jalan becek di Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jumat (10/3/2023)

Sebelumnya diberitakan, perlombaan ketangkasan bermotor ini membuka lima kategori.

Kategori Pertama A.1 Polki motor besar tahun 2002 hingga 2015. Kategori Kedua A.2 Polki motor besar tahun 2016 hingga 2022. Kategori Ketiga A.3 Polwan motor besar. Kategori Keempat B.1 motor trail pribadi daan kategori Kelima B.2 motor trail dinas.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan, lomba ketangkasan bermotor ini dilakukan agar para personel kepolisian dari berbagai fungsi semakin mahir dalam menjalankan tugasnya di lapangan.

"Total peserta untuk moge ada 28 dan motor trail 43 peserta yang semuanya masing-masing dari kesatuan," tutur Latif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com