Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Kesalahan Pengemudi yang Bikin Transmisi Mobil Matik Rusak | Cek Harga Daihatsu Terios Bekas, mulai Rp 89 Jutaan

Kompas.com - 13/11/2023, 06:54 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil matik banyak dipilih masyarakat berkat lebih mudah dioperasikan. Meski demikian, pengemudi tidak boleh asal-asalan memainkannya agar tidak terjadi panas berlebih atau overheat.

Berbeda dengan transmisi manual, transmisi matik bisa mengalami panas berlebih ketika beban kerjanya lebih berat dari yang seharusnya.

Maka dari itu, pengemudi mobil matik perlu memperhatikan kesalahan apa saja yang dapat membuat transmisi matik mengalami overheat. 

Selain itu, segmen mobil sport utility vehicle (SUV) di Indonesia masih memiliki banyak peminat, salah satunya Daihatsu Terios yang sudah diperkenalkan sejak 2006.

Daihatsu Terios merupakan mobil dengan harga yang terjangkau dan cocok digunakan di perkotaan. Selain itu, kaki-kakinya tinggi terkesan tangguh ketika melewati genangan air atau permukaan jalan tidak rata. 

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 12 November 2023 :

1. Kesalahan Pengemudi yang Bikin Transmisi Mobil Matik Rusak

Pemilik bengkel spesialis Worner Matic Hermas Efendi Prabowo mengatakan, tak sedikit pengendara yang menahan atau menggantung pedal gas saat berhenti di tanjakan padahal itu bisa menyebabkan kerusakan transmisi matik secara permanen.

Ketika transmisi dipaksa bergerak dalam kondisi terbebani oleh gaya dorong ke belakang saat menanjak, itu sama saja membuat transmisi bekerja lebih keras daripada biasanya menurut Hermas.

Baca juga: Kesalahan Pengemudi yang Bikin Transmisi Mobil Matik Rusak 

2. Cek Harga Daihatsu Terios Bekas, mulai Rp 89 Jutaan

Daihatsu Terios bekas yang dijual oleh mobil88Kompas.com/Donny Daihatsu Terios bekas yang dijual oleh mobil88

Apabila dana yang dimiliki terbatas, Terios bekas bisa menjadi pilihan. Meski fitur yang diberikan tidak secanggih produk barunya, namun harganya lebih terjangkau.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Minggu (12/11/2023), untuk dana di bawah Rp 100 juta maka Terios tahun 2007-2008 bisa menjadi pilihan, sebab kisaran harga jualnya di angka Rp jutaan 89 juta hingga Rp 93 juta.

Baca juga: Cek Harga Daihatsu Terios Bekas, mulai Rp 89 Jutaan 

3. Belajar dari Video Kesalahan Perempuan Naik Motor Matik

Video viral di media sosial memperlihatkan seorang perempuan mengalami kecelakaan tunggal saat membawa sepeda motor matik.
Foto: Tangkapan layar Video viral di media sosial memperlihatkan seorang perempuan mengalami kecelakaan tunggal saat membawa sepeda motor matik.

Video viral di media sosial memperlihatkan seorang perempuan mengalami kecelakaan tunggal saat membawa sepeda motor matik.

Dalam video yang diunggah akun Instagram Agoez Bandz4, diduga kecelakaan terjadi karena perempuan tersebut belum ahli membawa motor. Penremuan tersebut salah "mengurut" gas sehingga motor jadi liar.

 

Baca juga: Belajar dari Video Kesalahan Perempuan Naik Motor Matik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com