Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Cuek pada Kondisi Ban Serep Mobil

Kompas.com - 11/11/2023, 09:42 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban serep yang disimpan di bagasi yang bawah kendaraan sebagai pengganti adalah pengganti jika salah satu ban utama mengalami kerusakan atau kebocoran.

Ban pengganti ini sangat berguna untuk sementara waktu, sampai ban utama dapat diperbaiki atau diganti secara permanen.

Maka dari itu, sangat penting untuk merawat dan memeriksa ban serep secara teratur. Sebab untuk memastikan keamanan dan kinerja optimal jika sewaktu-waktu digunakan.

Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra International - Peugeot mengatakan, pengecekan ban serep sangat perlu dilakukan oleh pemiliknya.

Baca juga: Mobil Dinas Kedubes Kecelakaan di Cilincing, Tabrak Pengendara Lain

Ban serepFoto: Peugeot Ban serep

“Memeriksa kondisi bagian ini perlu dilakukan sehingga saat dibutuhkan, pengemudi sudah memiliki ban cadangan atau serep yang memang layak pakai,” ucap Roni beberapa waktu lalu.

Roni mengatakan, pengecekan ban serep cukup mudah, hanya dengan memastikan tekanan angin, profil, hingga kualitas ban masih baik. Meski jarang dipakai tekanan angin ban bisa saja berkurang.

Jika didapati tekanan angin ban berkurang, segera lakukan pengisian angin di tempat yang menyediakan pengisian udara.

Baca juga: Pasang Stiker Nama Keluarga di Mobil Bisa Undang Pelaku Kejahatan

Generasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Ban cadangan berukuran sama dan peleknya juga sama.Febri Ardani/KompasOtomotif Generasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Ban cadangan berukuran sama dan peleknya juga sama.

“Kalau tekanannya kurang atau habis saat ban serep diperlukan malah berisiko. Selain harus cari bengkel terdekat, ban yang kempes di kabin juga rawan rusak,” jelasnya.

“Oleh karena itu, sering-sering dicek minimal satu bulan sekali,” lanjutnya

Roni juga menyarankan, ban serep yang jarang digunakan bisa dinaikkan tekanan anginnya sampai dua psi di atas spesifikasi pabrik. Ini untuk menghindari berkurangnya tekanan karena penguapan di tempat penyimpanan ban.

Supaya can serep lebih lama, sebaiknya lindungi dengan semir yang tidak hanya untuk mempercantik tapi juga bisa menjadi pelembab. Kemudian, rutin dicuci sebulan sekali supaya tidak berkarat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com