Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Mobil yang Biasanya Masih Gunakan Ban Dalam

Kompas.com - 08/11/2023, 15:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan komponen vital pada kendaraan bermotor termasuk mobil. Ban adalah satu-satunya bagian terintregrasi mobil yang menyentuh aspal secara langsung.

Adapun ban mobil memiliki dua jenis yaitu ban bias dan ban radial, dengan dua tipe ban yaitu dengan ban dalam atau inner tube dan ban tubeless yakni tanpa ban dalam.

Baca juga: Motor Listrik Zero Dapat Pembaruan, Jarak Tempuh Tembus 249 Km

Seorang aparat desa memanggul ban dalam  yang dipakai korban setelah ditemukan di Sungai Cimandiri, Desa Sukamaju, Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (19/5/2020)DOK : DESA SUKAMAJU CIKEMBAR Seorang aparat desa memanggul ban dalam yang dipakai korban setelah ditemukan di Sungai Cimandiri, Desa Sukamaju, Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (19/5/2020)

"Ban mobil yang pakai ban pakai ban dalam itu biasanya ban bias," ujar Billy Cahyadi, Manager Produk dan Pelatihan PT Hankook Tire Sales Indonesia kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Kita tahu ada dua ban yaitu ban bias dan radial. Ban radial sudah tubeless sebab rata-rata ban dalamnya sudah dimasukkan ke inner layer tapi kalau ban bias biasanya itu kita sebutnya ban benang," katanya.

Baca juga: Mau Beli LSUV Baru, Ini Update Harganya per November 2023

Angkot dimodifikasi yang dilengkapi audio system dengan konsep Transformer saat parkir di Bundaran Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (31/10/2023).KOMPAS.COM/BUDIYANTO Angkot dimodifikasi yang dilengkapi audio system dengan konsep Transformer saat parkir di Bundaran Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (31/10/2023).

Billy mengatakan, populasi ban bias sekarang sudah tidak terlalu banyak tapi masih dipakai untuk kendaraan umum khususnya angkot.

"Mobil yang pakai ban dalam itu masih ada, hanya saja itu biasanya dipakai angkot, yang ban kecil-kecil masih bisa pakai ban dalam," ujar Billy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com