Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Tak Acuh SUV Listrik China Ganggu Penjualan

Kompas.com - 08/11/2023, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Bicara perkembangan kendaraan, saat ini sudah banyak mobil dari negeri China, terutama SUV listrik. SUV sendiri memang secara global sedang tren, ditambah China paling cepat pertumbuhannya.

Berbeda dengan China, pabrikan mobil dari Jepang seperti Mazda salah satunya punya pendekatan yang berbeda soal elektrifikasi. Mereka tidak langsung buat mobil listrik berbasis baterai, tapi coba pakai pendekatan lain dari hybrid sampai hidrogen.

Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia, pemegang APM Mazda Indonesia, menjelaskan, pihaknya tidak khawatir dengan kehadiran SUV dari China, bahkan bukan pesaing.

Baca juga: Mazda Tetap Perkenalkan MX-30 di Indonesia

Lampu LED Projector Mazda MX-30KOMPAS.com/Adityo Wisnu Lampu LED Projector Mazda MX-30

"Kita enggak pusing, yang kita mau sampaikan ke masyarakat bukan EV-nya atau spesifikasi saja, tapi Jinba-Ittai dan Kodo Design, cuma itu," kata Ricky di Bogor, Selasa (7/11/2023).

Mazda sendiri sekarang baru punya MX-30 untuk mobil listrik berbasis baterai. Cuma di negara asalnya yakni Jepang, MX-30 tersedia dengan beberapa opsi, listrik penuh, hybrid, dan mild hybrid.

Baca juga: Ducati Kencang karena Semua Pebalap Pakai Data Bagnaia

"Apa pun teknologinya, baik dia ev, hidrogen, ice, tetap Jinba-Ittai itu yang ditonjolkan," kata Ricky.

Jadi soal persaingan, bukan masalah bagi Mazda karena yang dikejar adalah driving experience yang dirasakan pemiliknya nanti. Sayangnya MX-30 masih belum hadir di Indonesia, tapi kabarnya sebentar lagi akan diperkenalkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com