Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Pertama Kalinya, Ducati Pertahankan Gelar Juara Dunia MotoGP

Kompas.com - 04/11/2023, 17:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perebutan gelar juara dunia MotoGP masih berlangsung antara Francesco Bagnaia dengan Jorge Martin. Tapi, siapa pun pemenangnya, tetap Ducati juaranya.

Sebab, kompetitor dari pabrikan lain yang jaraknya terdekat dengan poin Bagnaia sebagai pemimpin klasemen adalah KTM dengan Brad Binder. Pebalap asal Afrika Selatan tersebut saat ini berada di peringkat keempat klasemen sementara MotoGP 2023.

Baca juga: Prioritaskan Ducati, Tim VR46 Buka Pintu buat Pabrikan Lain

Namun, selisih poin Binder dengan Bagnaia sangat jauh. Keduanya terpaut hingga 140 poin. Sementara, balapan musim ini hanya tinggal tersisa tiga seri.

Francesco Bagnaia dan Jorge Martin bersaing sengit dalam balapan MotoGP Jerman 2023 di Sirkuit Sachsenring, Minggu (18/6/2023) malam WIB. AFP/RONNY HARTMANN Francesco Bagnaia dan Jorge Martin bersaing sengit dalam balapan MotoGP Jerman 2023 di Sirkuit Sachsenring, Minggu (18/6/2023) malam WIB.

Artinya, hanya ada 111 poin maksimal untuk diperebutkan. Sprint race dengan total 36 poin dan balapan utama dengan 75 poin.

Dengan kemenangan Martin pada MotoGP Thailand 2023, Ducati juga sudah memecahkan rekor jumlah kemenangan dalam satu musim. Pabrikan asal Italia ini sudah meraih 14 kemenangan dari total 17 seri yang sudah berlalu. Musim lalu, Ducati berhasil meraih 12 kemenangan.

Baca juga: Francesco Bagnaia vs Jorge Martin, Ducati Janji Bakal Adil

Musim ini, Ducati juga berhasil mempertahankan gelar juara dunia MotoGP untuk kategori konstruktor, selama empat musim berturut-turut.

Marco Bezzecchi saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023Dok. @marcobez72 Marco Bezzecchi saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023

Dengan tiga seri tersisa di musim ini, Ducati tentu saja akan menambah banyak jumlah rekornya. Kemungkinan, pabrikan lain juga akan kesulitan untuk bisa mengalahkan rekor tersebut.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2023

Daftar Statistik Kemenangan Pebalap Ducati di MotoGP:
1. Francesco Bagnaia : 6 kali menang balapan utama, 4 kali menang sprint race, 12 podium, 6 pole position
2. Jorge Martin : 4 kali menang balapan utama, 7 kali menang sprint race, 8 podium, 4 pole position
3. Marco Bezzecchi : 3 kali menang balapan utama, 1 kali menang sprint race, 7 podium, 3 pole position
4. Johann Zarco : 1 kali menang balapan utama, 1 podium, 1 pole position
5. Alex Marquez : 1 kali menang sprint race, 1 podium, 1 pole position
6. Luca Marini : 1 podium, 1 pole position
7. Fabio Di Giannantonio : 1 podium

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com