Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Marquez Amankan Poin Penting di Sprint Race MotoGP Thailand 2023

Kompas.com - 28/10/2023, 20:36 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alex Marquez kembali kompetitif pasca cedera retak tulang rusuk pada beberapa seri yang lalu. Pada sprint race MotoGP Thailand 2023 di Sirkuit Buriram, dia berhasil mengamankan poin penting.

Alex berhasil meraih tambahan 2 poin dengan finis di urutan kedelapan. Sementara rekan setimnya, Fabio Di Giannantonio, tak bisa menyelesaikan balapan akibat motornya ada kendala teknis.

Baca juga: Kemenparekraf Perpanjang Kerja Sama dengan Gresini Racing hingga 2025

Alex yang start dari posisi ketujuh mengungkapkan bahwa hasil sprint race kali ini cukup positif dalam menghadapi lawan yang cukup kompetitif. Sekaligus, tantangan menguras fisik akibat panas lintasan di sirkuit Buriram yang mencapai 33 derajat Celcius.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023

“Hasil sprint race yang cukup positif. Saya mungkin mengharapkan lebih banyak dari balapan sprint ini, tetapi start dan lap pembuka memiliki dampak yang besar di sini,” ujar Alex, dalam keterangan resminya, Sabtu (28/10/2023).

“Dengan panas seperti ini, begitu rombongan pebalap terbentuk, sulit untuk disalip. Saya kehilangan banyak waktu dalam beberapa pertarungan, jika tidak, saya bisa mengincar posisi keempat," kata Alex.

Baca juga: Alex Marquez Bilang Kakaknya Akan Bahagia di Gresini Racing

Alex menambahkan, dirinya mengalami kemajuan, karena kondisi fisiknya lebih baik. Sekarang, tinggal menganalisis apa yang terlewatkan. Khususnya, pada bagian depan motor.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023

Pebalap yang akrab disapa Diggia kali ini kurang beruntung. Dia hanya bisa melakukan sembilan dari 13 putaran, akibat ada kendala di performa motor Ducati Desmosedici GP22.

“Saya sedikit kecewa karena potensi balapan sangat tinggi. Sayangnya sejak lap kedua dan seterusnya saya mulai mengalami masalah teknis, jadi saya mencoba memperbaiki beberapa posisi untuk sementara waktu, namun motor tidak mampu mendukung saya,” ujar Diggia.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023

Pebalap asal Italia bernomor 49 ini mengatakan, balapan paling penting adalah hari Minggu. Jadi, dia dan timnya akan terus bekerja, menyelesaikan segala sesuatunya agar lebih siap untuk balapan utama.

Menghadapi balapan hari Minggu (29/10/2023), Alex dan Diggia akan lebih berkomunikasi dengan mekanik yang ahli memberikan rekomendasi agar Desmosedici GP22 pasti makin nyaman dan kompetitif mengejar poin tambahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com