Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Thailand 2023, Jorge Martin Menang Telak

Kompas.com - 29/10/2023, 15:55 WIB
Gilang Satria,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


BURIRAM, KOMPAS.com - Pebalap Pramac Racing Jorge Martin berhasil menjadi juara di MotoGP Thailand 2023 setelah bertarung ketat dengan pebalap Red Bull KTM Brad Binder di detik-detik terakhir.

Hasil akhir Martin podium pertama, disusul Binder di tempat kedua dan Bagnaia ketiga. Berbeda dengan Martin yang sejak awal berada di depan, Bagnaia merangkak naik karena start dari posisi keenam.

Martin yang start dari posisi pertama langsung melesat memimpin balap disusul Luca Marini di posisi kedua dan Aleix Espargaro yang kemudian menyalip Marini di tikungan ketiga.

Baca juga: Peluang UMKM Jadi Pemasok Komponen Kendaraan Listrik

 

Adapun sisi lain pebalap tim pabrikan Ducati Francesco Bagnaia berada di posisi kelima bertarung dengan pebalap Gresini Racing Alex Marquez di posisi keenam dan pebalap Repsol Honda Marc Marquez di posisi ketujuh.

Pada lap keempat, posisi berubah, Martin masih di posisi pertama disusul Aleix Espargaro di tempat kedua dan pebalap tim Red Bull KTM Brad Binder di posisi ketiga. Sebelumnya Binder menekuk Marini di lap ketiga.

Binder sudah berada di posisi kedua pada lap ketujuh dan terus berusaha mengejar Martin yang makin nyaman berada di depan. Di lap kedelapan Bagnaia berada di posisi kelima setelah menyalip Aleix Espargaro di tikungan.

Baca juga: Sisa 2 Bulan, Mitsubishi Optimistis Target Jualan XForce Tercapai

Aksi pebalap Ducati, Francesco Bagnaia, pada sesi free practice MotoGP Mandalika 2023, Oktober 2023. Terkini, Bagnaia menjadi pemenang balapan utama MotoGP Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika, Minggu (15/10/2023). Artikel ini berisi klasemen MotoGP 2023. (Photo by Sonny TUMBELAKA / AFP)AFP/SONNY TUMBELAKA Aksi pebalap Ducati, Francesco Bagnaia, pada sesi free practice MotoGP Mandalika 2023, Oktober 2023. Terkini, Bagnaia menjadi pemenang balapan utama MotoGP Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika, Minggu (15/10/2023). Artikel ini berisi klasemen MotoGP 2023. (Photo by Sonny TUMBELAKA / AFP)

Pada lap ke-10 Bagnaia berhasil menyalip Marini dan kini berada di posisi keempat. Juara dunia MotoGP 2022 tersebut lalu memburu Alex Marquez yang berada di posisi ketiga.

Martin tetap dibuntuti Binder yang menempel di belakang. Kemudian pada lap ke-14 Alex Marquez jatuh mengalami low side membuat posisi Bagnaia langsung naik dan berada di posisi ketiga.

Posisi pebalap di lap ke-15 Martin berada di posisi pertama disusul Binder di posisi kedua dan Bagnaia di posisi ketiga.

Ketiga pebalap ini punya kesamanaan yaitu memakai ban depan kompon medium dan ban belakang kompon keras.

Baca juga: Servis Motor Listrik Savart Bisa di Planet Ban

Brad Binder saat berlaga pada MotoGP Italia 2023Dok. @bradbinder Brad Binder saat berlaga pada MotoGP Italia 2023

Sisa sembilan lap, posisi pebalap di grup depan belum berubah. Namun pertarungan terjadi antara Marc Marquez dengan Fabio Quartararo memperebutkan posisi ketujuh.

Balapan sisa tujuh lap posisi masih sama namun Binder terlihat makin ketat dan terus mendorong Martin. Binder sempat menyalip Martin namun kemudian kembali ditikung di sisa lap keenam.

Sisa lima lap pertarungan semakin seru. Secara bergantian Martin salip-salipan dengan Binder. Namun pada dua lap akhir Martin yang memimpin balap berhasil menurup jalur Binder sampai garis finis.

Hasil MotoGP Thailand 2023:

1 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)
2 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)
3 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
4 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
5 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
6 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
7 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
8 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
9 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)
10 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)
11 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
12 Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
13 Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP23)
14 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
15 Raul Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)
16 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
17 Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)*
18 Pol Espargaro SPA Tech3 GASGAS (RC16)

DNF

Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP22)
Miguel Oliveira POR RNF Aprilia (RS-GP22)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com